9 Bisnis Pertanian : Modal Kecil dan Tidak Perlu Dilakukan di Sawah atau Lahan Pertanian

Bisnis Pertanian – Usaha atau bisnis di bidang pertanian/agribisnis, dibagi menjadi 2 bentuk yaitu usaha yang bersifat on farm dan off farm.

On farm artinya kegiatan tersebut berkaitan langsung dengan budidaya, sementara off farm tidak berkaitan langsung dengan budidaya.

Nah, usaha pertanian yang tidak dilakukan di lahan atau sawah ini mengarah pada kegiatan usaha off farm yaitu sebelum budidaya (pra-tanam) dan setelah tanam (pasca panen).

Nah sobat belajartani.com, mungkin diantara anda ada yang mencari informasi, inspirasi dan ide bisnis pertanian apa yang modal kecil yang tak perlu dilakukan di sawah.

Bisnis Pertanian Modal Kecil dan Tidak Perlu di Sawah

Berikut ini beberapa bisnis pertanian modal kecil dan tak perlu dilakukan di sawah, cocok untuk petani, mahasiswa pertanian, ibu rumah tangga ataupun karyawan yang sedang mencari usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Yuk CEkidoot..!

#1. Bisnis Jagung Manis Pipil Frozen

Permintaan terhadap jagung manis saat ini semakin meningkat, dan yang cukup tren yaitu jagung manis frozen. Sebelum berbisnis jagung manis frozen pastikan anda memiliki pemasok atau supplier berkualitas. Jangan lupa menyiapkan alat pemotong jagung, mesin pembeku dan peralatan pengemasannya juga.

Rekomendasi :  Raih Keuntungan Berlipat dengan Menanam Squash

#2. Bisnis Jagung Rebus/Bakar

Dibanding bisnis jagung frozen, bisnis jagung rebus/bakar mungkin jauh lebih popular di masyarakat. Sama seperti bisnis jagung frozen, kunci sukses usaha terdapat pada kualitas jagung manis yang digunakan.

Pastikan jagung rebus/bakar anda memiliki cita rasa yang lebih enak dibanding kompetitor. Ditambah pemilihan lokasi yang pas (tempat keramaian), maka bisnis jagung rebus/bakar anda akan menuai kesuksesan.

#3. Bisnis Jasuke

Jasuke atau jagung susu keju saat ini menjadi salah satu kuliner yang cukup popular di Indonesia khususnya di kalangan anak muda. Kombinasi manisnya jagung, susu dan keju bisa menghasilkan cita rasa yang sangat enak.

Meski konsep bisnis jasuke termasuk sederhana karena proses pembuatannya cukup mudah, namun bisnis ini menjadi peluang usaha yang bagus jika lokasi usaha anda berada di tempat yang pas.

#4. Bisnis Keripik

Dari berbagai jenis produk pertanian, banyak yang bisa diolah menjadi olahan keripik antara lain kentang, singkong, talas dan singkong.

Bisnis keripik hingga sampai saat ini masih sangat prospek karena keripik merupakan salah satu makanan ringan yang sangat popular di dunia.

#5. Bisnis Bawang Goreng

Bisnis bawang goreng memiliki bahan utama bawang merah atau bawang putih yang diiris tipis lalu digoreng, sangat sederhana sekali bisnis ini.

Bawang goreng adalah pasangan yang pas untuk berbagai jenis hidangan makanan, terutama yang disajikan dalam kondisi panas seperti bakso, mie instan, soto, rawon, sup dan lain-lain.

Bisnis bawang goreng sebagaimana keripik juga sangat prospek mengingat tingginya permintaan akan produk bawang goreng.

Rekomendasi :  Mengenal Beragam Jenis Sistem Tanam Pertanian

#6. Bisnis Sayuran Segar

bisnis pertanianBisnis sayuran segar bisa jadi pilihan bisnis yang menjanjikan di wilayah perkotaan khususnya di lingkungan perumahan.

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis sayuran di perumahan yang mendulang sukses menjalankan bisnis ini. Umumnya, pasokan sayuran didatangkan dari sentra sayuran di pedesaan.

Nah, anda bisa memulai bisnis sayuran segar dengan menyediakan sayuran yang paling diminati oleh target konsumen anda.

#7. Bisnis Jus Buah

Bisnis jus buah, salah satu bisnis yang berkaitan dengan produk pertanian

Jus buah merupakan minuman yang banyak dicari saat cuaca panas, khususnya saat musim kemarau. Namun bukan berarti tidak dicari saat musim hujan, mengingat manfaat buah dibutuhkan sepanjang waktu.

Bisnis jus buah meski termasuk bisnis yang sangat sederhana namun mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Jika anda amati banyak sekali pebisnis jus buah melakukan usahanya di rumah atau di lokasi tertentu seperti di dekat ATM, pasar, ataupun sekolah, namun ramai didatangi para pembeli.

#8. Bisnis Tanaman Berbuah

Bisnis tanaman berbuah banyak sekali diminati oleh masyarakat kota, yang menyukai tanaman namun tak memiliki waktu untuk menanam sendiri.

Tanaman berbuah biasanya dijual dalam polybag atau pot, banyak ditemui di tempat wisata (agrowisata) yang notabene mayoritas pengunjungnya warga perkotaan.

Tak hanya dari jenis tanaman buah (tabulampot), banyak juga yang menjual tanaman horti seperti cabai, tomat, terong yang penjualannya laris saat kondisi tanamannya berbuah lebat.

Anda bisa memulai bisnis ini di halaman rumah atau pekarangan, sekalipun tak luas. Pastikan bahwa tanaman yang akan dijual, bebas dari serangan hama penyakit dan berbuah lebat agar banyak diminati.

Rekomendasi :  Peluang Bisnis Ikan Gabus : Harganya Mahal dan Selalu Dicari Pasar

#9. Bisnis Pupuk Organik

Di tengah masssifnya kampanye pertanian organik, bisnis pupuk organik menjadi ide bisnis pertanian yang prospektif.

Untuk memulai bisnis pupuk organik, anda bisa mulai dengan mencari bahan baku yang dibutuhkan seperti kotoran ternak (pupuk kandang), sampah sayuran atau sisa-sisa tanaman seperti Jerami (pupuk kompos), atau sampah rumah tangga organik seperti sisa-sisa makanan.

Setelah anda berhasil membuat produk pupuk organik anda sendiri, anda bisa mulai membandingkan hasil pupuk organik anda dengan pupuk lain. Nah, jika hasilnya bagus maka anda bisa mulai memasarkan kepada petani, atau pehobi tanaman yang biasanya menggunakan pupuk organik.

Penutup

Nah, sobat belajartani.com, itulah beberapa bisnis pertanian dengan modal kecil yang tak perlu dilakukan di sawah atau lahan pertanian, namun berkaitan dengan produk atau hasil pertanian.

Bisnis di atas yang kategori yang butuh modal kecil ya, dan hanya sekedar contoh saja sebagai informasi dan inspirasi bagi anda.

Di luar daftar di atas, mungkin anda bertanya distributor pupuk, agen pupuk atau kios pertanian kenapa tidak termasuk.

Kalo jadi distributor pupuk subsidi atau toko pertanian saya rasa itu termasuk kategori modal sedang hingga besar, sehingga tak semua orang bisa melakukannya.

Sampai di sini, cukup bisa dipahami, kan? Ok selamat mencoba dan semoga sukses !!!

Share, jika konten ini bermanfaat !

Artikel Terkait

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, founder & owner BelajarTani.com - Alumnus FP - Bekerja di agriculture corp - Hobi ngeblog & berkebun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *