8 Manfaat Berkebun (Gardening) Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Berkebun – Hallo sobat BT, setiap orang pasti memiliki hobby atau kesukaan yang biasa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. Setuju dengan kalimat ini ??

Jika anda mencari hobi yang tak terlalu mahal namun cukup mudah dilakukan maka salah satu rekomendasinya adalah berkebun.

Why berkebun ? Selain tak kalah seru dibanding hoby mainstream lain seperti bersepeda, travelling ataupun camping, berkebun memiliki manfaat yang banyak looh.

Yap, kegiatan berkebun sejak era pandemic Covid hingga saat ini cenderung semakin popular saja, terlebih di tengah harga-harga kebutuhan pangan yang semakin meroket.

Di saat harga pangan, utamanya yang biasa butuhkan seperti cabai, tomat, bawang merah dan lain-lain mengalami kenaikan harga, kita hanya bisa menghela nafas panjang. Tak jarang, sebal dan kesal dengan keadaan ini.

Nah, daripada kesal tak ada guna, mengapa tak coba tanam sendiri. Bukankah jenis tanaman tersebut mudah dibudidayakan ?

Wait..wait…sebelum memulai berkebun jangan lupa menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu ya sobat BT agar kegiatan berkebun anda lancar jaya.

Oke, kembali lagi ke bahasan utama kita apa sih manfaat berkebun yang belum banyak diketahui orang, dan tentunya hanya akan diketahui jika mencobanya sendiri.

1. Menyehatkan badan dan pikiran

Percaya atau tidak kegiatan berkebun akan memaksa anda banyak bergerak, mengambil ini mengambil itu, membuat ini membuat itu.

Hal itu membuat otot-otot tubuh anda akan serasa berolahraga, sehingga tubuh akan berkeringat dan pikiran pun akan jauh lebih segar.

Sebagaimana kata pribahasa, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Tubuh yang sering berkeringat tentu jauh lebih sehat.

Sebagai dampaknya pikiran dan mental anda pun akan jauh lebih segar, sehingga hidup anda jauh lebih bahagia, dan awet muda.

2. Melatih kesabaran

Seorang yang hobby berkebun biasanya orangnya jauh lebih sabar. Kenapa? Karena orang tidak sabar tentu tidak akan sanggup menjalani hobi sebagai seorang pekebun..hehehe.

Mungkin ia lebih cocok bermain gadget, sambil tidur atau rebahan. Banyaknya hal yang harus dikerjakan tentu membuat sebagian orang tidak sabar atau malas berkebun.

Namun bagi anda yang ingin melatih kesabaran, berkebun bisa menjadi salah satu opsi yang bagus.

Anda harus bersabar melihat tanaman anda tumbuh, anda harus sabar merawatnya, menyiram, memupuknya sampai masa panen yang ditunggu-tunggu tiba.

3. Melatih kepekaan

Selain kesabaran, berkebun juga melatih anda jauh lebih peka. Kenapa begitu ? Berikut ulasannya.

Tanaman adalah makhluk hidup. Untuk tumbuh berkembang ia membutuhkan nutrisi dan air yang cukup.

Saat melihat tanaman kurus dan tak segar, hal tersebut adalah kode agar anda memberinya pupuk dan air yang cukup.

Di lain waktu, anda pun akan melihat tanaman anda terserang hama dan penyakit. Misal terdapat gejala banyak daun yang rusak akibat gigitan hama.

Tentu hati anda akan sedih melihat hal tersebut dan mau tak mau membuat anda tergerak untuk mengatasi masalah tersebut sampai tanaman anda bebas dari hama penyakit.

Berkebun membuat hati anda akan jauh lebih peka dan mudah bersimpatik/empatik. Disadari atau tidak hal tersebut akan terbawa ke dalam kehidupan keluarga anda.

Anda akan jauh lebih mudah memahami perasaan anak atau istri anda apakah sedang sedih atau bahagia, sehingga kehidupan keluarga anda jauh lebih harmonis.

4. Mengurangi stress

Banyaknya deadline pekerjaan di rumah maupun di kantor seringkali membuat pikiran jadi pusing dan stress.

Nah, kegiatan berkebun ada kalanya bisa mengurangi masalah tersebut. Saat pulang dari kantor pikiran penat akibat stress biasanya sedikit berkurang saat melihat hijaunya daun tanaman, serta buah-buah yang lebat.

Ada cara lain yang lebih ampuh mengatasi stress anda, utamanya saat anda sedang kesal dengan rekan kerja atau bahkan atasan anda. Yaitu dengan cara mencabut rumput hingga ke akar-akarnya.

Kegiatan ini terbukti bisa meredam emosi sehingga akhirnya anda melupakan rasa kesal yang ada dalam diri anda.

5. Menghemat pengeluaran

Manfaat berkebun yang satu ini sudah pasti menyenangkan kaum emak-emak.  Di saat harga sayuran utama seperti cabai, bawang merah dan tomat lagi mahal-mahalnya, anda justru mendapatkannya tanpa membeli mahal.

Jika anda menanam cukup banyak tanaman, tentu akan menghemat pengeluaran belanja anda lebih lama lagi.

Anggaran yang biasanya anda gunakan untuk membeli sayuran tersebut bisa anda gunakan untuk hal lain yang tak kalah penting seperti menabung atau membeli emas batangan sebagai investasi.

6. Menambah pendapatan

Berkebun tak hanya menghemat pengeluaran, pada skala yang besar (bisnis dan komersial) bisa menambah uang belanja rumah tangga.

Tak sedikit yang awalnya sekedar hobby, lama-lama menjadikan berkebun sebagai sumber pendapatan tambahan.

Untuk mencapai level ini, bagi anda yang hendak memulai berkebun harus benar-benar memahami segala tahapan dan teknis dalam budidaya tanaman.

7. Menambah keterampilan atau skill

Kalau anda amati kebanyakan orang yang kaya dan sukses dari segi ekonomi sebetulnya orang tersebut hanya menekuni satu dua bidang saja dalam hidupnya.

Artinya apa, untuk bisa hidup kita harus belajar dan menekuni bidang tertentu sehingga kita menjadi seorang professional dan ahli-nya.

Begitu juga dengan berkebun ini, jika anda sudah ahli maka selamat, anda sudah menambah satu lagi keterampilan yang sangat penting.

Jika anda saat ini seorang pegawai kantoran, bisa jadi suatu saat nanti keterampilan berkebun anda berguna khususnya saat anda sudah masuk ke masa-masa pensiun.

Kala itu, anda tak perlu repot-repot lagi mencari kesibukan atau hendak mencari jenis bisnis apa yang bisa dilakukan di masa pensiun.

8. Dicintai keluarga, ibu mertua dan tetangga

Selain efek langsung, ada juga efek tidak langsung yang didapatkan dari kegiatan berkebun yaitu anda akan dicintai keluarga, tetangga dan ibu mertua.

Kenapa bisa demikian ? Jika anda seorang ibu rumah tangga, maka berkebun akan mengurangi pengeluaran belanja anda, sehingga anda dapat menghemat uang pemberian suami.

Maka bukan tidak mungkin suami dan ibu mertua anda akan jauh lebih mencintai anda, begitu juga sebaliknya jika anda seorang kepala rumah tangga.

Selain dicintai oleh keluarga, tetangga anda pun tak ketinggalan mencintai anda. Ups, konteks mencintai disini adalah senang dengan keberadaan anda.

Tapi ada syaratnya. Yaitu saat panen anda perlu memberikan tetangga anda sebagian dari panen anda sebagai sedekah.

Baca juga : Mau Berkebun? Berikut Ini Peralatan Berkebun Yang Perlu Anda Siapkan

Nah sobat BT, itulah 8 manfaat berkebun yang perlu anda ketahui, berdasarkan pengalaman kami.

Tentu saja anda akan merasakan sendiri manfaat di atas bilamana anda pernah melakukannya.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba semoga berhasil !

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published.