7 Cara Mendapatkan Modal Usahatani atau Bisnis Pertanian

Cara Mendapatkan Modal Usahatani – Modal berupa finansial mutlak dibutuhkan untuk semua jenis usaha tak terkecuali usaha bisnis pertanian. Selain untuk membeli peralatan juga untuk biaya operasionalnya.

Tak hanya dibutuhkan saat memulai usaha tani, bagi petani yang ingin mengembangkan skala usahanya agar jauh lebih besar lagi juga membutuhkan modal.

Lalu bagaimana cara mendapatkan modal usahatani atau modal untuk bisnis pertanian ? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh banyak petani.

Berikut ini ada beberapa cara mendapatkan modal bagi usaha tani/bisnis pertanian anda. Selamat membaca !Cara Mendapatkan Modal Usahatani

#1. Pinjaman perbankan

Petani bisa mengajukan pinjaman modal ke lembaga pembiayaan seperti perbankan atau bank. Anda bisa mengajukan pinjaman modal ke bank baik untuk memulai usaha/investasi anda ataupun untuk mengembangkan usaha yang sudah ada.

Rekomendasi :  Surat Keputusan Menperindag Tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian

Biasanya bank sebelum menerima permohonan anda, bank akan memperhitungkan berbagai factor seperti rencana bisnis anda, pendapatan dan kredit history anda di perbankan apakah bermasalah atau tidak.

Jika disetujui, bank akan meminta jaminan sesuai dengan besarnya jumlah dana yang anda dapatkan, seperti sertifikat rumah, tanah, surat berharga dan asset lain yang memiliki nilai jual.

#2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR adalah salah satu jenis sumber modal petani yang disalurkan pemerintah melalui Lembaga keuangan atau perbankan seperti bank BUMN, bank swasta, BPR, ataupun melalui koperasi.

Kur menjadi pilihan yang cukup bagus untuk petani, pekerja, nelayan dan pelaku UKM lain seperti pedagang, pengrajin karena KUR memiliki suku Bunga yang cukup rendah serta persyaratan yang jauh lebih mudah.

#3. Mencari investor

Mendapatkan investor atau orang/Lembaga yang mau membiayai atau mendanai usaha bisnis pertanian anda cukup gampang-gampang susah.

Biasanya orang akan mau investasi karena factor kepercayaan dan track record seseorang. Terlebih memang usaha anda terhitung masih baru.

Rekomendasi :  Prakiraan Cuaca Bulan Oktober 2016 di Jawa Timur, Musim Hujan Datang Lebih Awal

Anda bisa mencari orang atau teman yang memiliki kelebihan uang (kaya) barangkali berminat investasi pada usaha bisnis pertanian yang anda rintis.

#4. Mengikuti program kemitraan

Mengikuti program kemitraan yang diselenggarakan Lembaga swasta atau perusahaan, bisa jadi jalan lain bagi petani untuk mendapatkan modal usaha dan potensi keuntungan.

Perusahaan mitra biasanya memberikan modal atau biaya garap bagi petani. Selain tak perlu bingung soal modal awal, anda pun tak perlu pusing soal pemasaran hasil panen karena nanti akan dibeli oleh perusahaan mitra anda.

#5. Urun dana atau patungan (crowdfunding)

Cara ini bisa petani lakukan dengan cara mengumpulkan dana dari banyak sumber misalnya petani lain, keluarga, teman, tetangga atau investor yang biasanya berkontribusi dengan uang dalam jumlah kecil sehingga terkumpul menjadi jumlah modal yang besar.

#6. Menyisihkan sebagian dari hasil panen sebelumnya

Cara mendapatkan modal ini biasanya petani lakukan apabila usaha pertanian yang sebelumnya mendapatkan keuntungan yang besar sehingga ada sisa yang bisa ditabung, atau dipergunakan untuk musim tanam berikutnya.

Rekomendasi :  [Analisa] Dampak Menguatnya Dollar Terhadap Sektor Pertanian

#7. Pinjaman ke keluarga, kerabat dan teman

Cara ini bisa anda lakukan jika berbagai cara di atas mengalami kendala. Dengan meminjam kepada keluarga atau teman biasanya jauh lebih mudah karena mereka sudah mengenal identitas kita.

Meski begitu, sebaiknya pinjaman tersebut segera dilunasi apabila sudah memiliki uang agar kepercayaan mereka kepada anda tidak hilang dan jangan sampai terjadi perselisihan seperti kebanyakan orang.

Penutup

Nah, sobat BT demikian ulasan kita kali ini mengenai bagaimana cara mendapatkan modal usaha tani. Agar modal tidak jadi sebuah kendala yang besar, sebaiknya usaha anda dimulai dari skala kecil dulu.

Karena dimulai dari yang skala kecil, maka modal yang dibutuhkan pun juga tidaklah banyak. Ok sekian sobat semoga usaha anda sukses dan berkembang semakin maju. Aamiiin

Share, jika konten ini bermanfaat !

Artikel Terkait

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, founder & owner BelajarTani.com | Alumnus FP | Bekerja di agriculture corp | Hobi ngeblog & berkebun

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *