bt
Menu

3 Penyebab Kenapa Buah Pecah

22/01/2019 | Holtikultura

Belajartani.com – Bagi kebanyakan petani kasus buah pecah bukanlah kasus yang luar biasa. Kasus buah pecah terutama saat proses pembesaran buah seringkali terjadi tiap kali musim tanam.

Buah yang sudah terlanjur pecah umumnya akan sulit masak atau matang buahnya. Terbukanya kulit dan daging buah tak jarang menyebabkan hama atau fungi datang sehingga menyebabkan buah pecah tadi membusuk.

Namun tahukah anda kenapa terjadi kasus buah pecah? Baiklah, kali ini akan saya bahas sedikit tentang 3 penyebab buah pecah, berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami.

#1. Suplai air yang berlebihan dan tidak teratur
Suplai air yang berlebihan umumnya terjadi pada saat musim hujan. Bisa karena lahan yang mengalami kebanjiran, lahan tergenang sehingga tanaman terpaksa menyerap air berlebih, maka terjadilah proses osmosis, sehingga menyebabkan sel pada kulit atau daging buah pecah.

Pada musim kemarau, bukan berarti tidak terjadi buah pecah. Aplikasi pemberian air yang tidak teratur dan berlebihan pada tanaman dalam kondisi tanah kering membuat tanaman kaget dan memberikan respon buah pecah.

Agar tidak terjadi buah pecah, pemberian air hendaknya dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Hindari lahan tergenang atau kebanjiran dengan cara membuat sistem drainase yang baik.

#2. Efek ZPT berlebihan
Segala sesuatu yang berlebihan tentu kuranglah baik. Termasuk kelebihan ZPT. Aplikasi ZPT yang tepat dosis memang diperlukan untuk memacu pertumbuhan tanaman.

Namun jika melebihi dosis justru berakibat buah pecah. Tak hanya buah pecah, terkadang pangkal batang (pada cucurbit biasanya) juga bisa pecah.

#3. Efek pupuk N berlebihan
Sebagaimana air dan ZPT, pupuk N berlebihan juga jadi penyebab buah pecah. Pada fase pembuahan, pupuk N hendaknya dikurangi, sedangkan pupuk P dan K yang perlu ditambah.

Baca juga : Perbedaan Pupuk Nitrogen : Nitrat (NO3-) VS Amonium (NH4+)

Jika sebaliknya, yakni saat pembuahan pupuk N yang ditambah, khususnya saat pematangan buah, maka jangan kaget jika nanti buah anda cracking (pecah). Tak hanya buah pecah, pupuk N berlebihan juga menyebabkan bunga rontok (berguguran).

Nah sobat BT, itulah 3 penyebab kenapa buah pecah versi belajartani.com. Jadi, jika anda menemui buah anda pecah bisa jadi karena 3 hal di atas, pemberian air yang berlebihan, efek ZPT yang berlebihan serta efek pupuk N berlebihan juga.

Untuk mengatasinya, maka cobalah untuk mengurangi intensitas atau dosis dari ketiga faktor penyebab di atas. Semoga bermanfaat.

Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian dan terimakasih^^

Bagikan ke teman anda :
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥