Menu

[Wajib Baca] Pentingnya Membaca Label Kemasan Sebelum Menggunakan Pestisida

Share this :

Label pestisida. Image source : pestmag.com

Belajartani.com – Kegiatan membaca label pada kemasan pestisida sebelum menggunakannya sama pentingnya dengan pestisida itu sendiri. Terkadang kita hanya fokus bagaimana menghafal satu persatu bahan aktif serta berbagai merk daripada pestisida.

Di sisi lain kita kurang peduli untuk membaca segala informasi penting yang ada pada kemasan. Padahal membaca label kemasan pestisida merupakan manivestasi semboyan “safety first”,keselamatan adalah hal yang utama…!

Saat menggunakan pestisida semua orang tentu berharap memperoleh manfaat yakni dapat mengendalikan hama penyakit secara efektif, bukan sebaliknya justru menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Barangkali dari 10 hanya 1 orang petani saja yang membaca label pada kemasan pestisida, sedangkan sisanya mengabaikan, cuek atau bahkan masa bodoh dengan itu semua.

Mengapa hal ini terjadi? Bisa karena banyak hal, namun yang pasti karena kurangnya pengetahuan serta kesadaran tentang potensi bahaya jika keliru saat aplikasi.

Tak sedikit akhirnya berakibat fatal…! Anda bisa membaca artikel ini >> [Lagi] Petani Meninggal Saat Aplikasi Pestisida. Adakah yang Salah?, bagaimana teknik aplikasi yang kurang tepat bisa berakibat pada kematian. Sehingga berakhir pada kesimpulan, tidak dapat dianggap remeh kegiatan membaca label kemasan ini.!

Label pestisida mengandung informasi rinci tentang bagaimana menggunakan pestisida dengan benar seperti petunjuk penggunaan, petunjuk keamanan, gejala keracunan, peringatan keamanan dan lain sebagainya.

Untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan resiko tiada lain selain mengikuti petunjuk penggunaan yang ada pada label kemasan.

Label Kemasan Pestisida. Image source : Tanindo.com

Berikut beberapa tips cara penggunaan pestisida yang benar, berkaitan dengan label.

1. Fahami dengan seksama label yang ada pada kemasan, nama bahan aktif, simbol bahaya seperti SANGAT BERACUN, BERACUN, BERBAHAYA dan lain-lain; serta simbol peringatan seperti BAHAYA, PERHATIAN, HATI-HATI, AWAS BERACUN dan lain-lain.

2. Gunakan pestisida sesuai dosis anjuran untuk menghindari resistensi pada hama penyakit, selain itu juga dapat mengurangi pemborosan biaya.

3. Bacalah kembali label setiap akan menggunakan pestisida, sekalipun anda sering menggunakannya.

4. Jika labelnya telah terlepas, maka carilah informasi tentang petunjuk penggunaan pestisida tersebut.

5. Selesai penggunaan, simpanlah di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Nah sobat BT, setelah membaca artikel ini kita jadi tahu bahwa label pada kemasan pestisida berisi informasi yang sangat penting yang tidak boleh kita abaikan. Oleh karena itu, mulai saat ini biasakanlah membaca label kemasan sebelum menggunakan pestisida.

Demikian semoga bermanfaat ya sob, jangan lupa bagikan kepada saudara, sahabat, dan teman anda yang lain.

Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat

BelajarTani.com

 

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For [Wajib Baca] Pentingnya Membaca Label Kemasan Sebelum Menggunakan Pestisida

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com