Menu

Tips Memilih Lokasi Penanaman Cabai yang Baik

30/11/2017 | Holtikultura, Review
Share this :

lokasi penanaman cabai yang baik

Belajartani.com – Halo sobat BT, artikel kali saya ingin share tips bagaimana memilih lokasi penanaman cabai yang baik. Seperti apakah lokasi penanaman cabai yang baik? Dan seberapa pentingnya lokasi bagi usahatani kita?

Menjawab pertanyaan pertama, seperti apakah lokasi yang baik? Saat pertanyaan ini dilontarkan, pasti anda sebagai petani menjawab lokasi yang baik adalah yang bisa panen.

Yap betul sekali, karena lokasi penanaman yang baik adalah syarat utama sukses suatu usahatani. Banyak cerita petani gagal saat usahatani nyatanya tak sedikit karena kesalahan memilih lokasi penanaman.

Ya, lokasi penanaman sangat berpengaruh bagi tingkat keberhasilan usahatani cabai kita. Nah, di bawah ini akan saya ulas singkat beberapa kriteria suatu lokasi dikatakan memenuhi syarat sebagai lokasi penanaman yang baik.

1. Tersedia air yang cukup

Air merupakan syarat mutlak bagi tanaman untuk dapat tumbuh dengan baik. Oleh sebab itu sebelum anda putuskan, survei-lah terlebih dahulu bagaimana keadaan air di lokasi tersebut. Sistem pengairan yang berlaku seperti apa. Tak kalah penting, pelajari juga histori penggunaan air di lokasi itu pada musim-musim sebelumnya apakah pernah ada masalah (konflik) atau tidak.

2. Lokasi terbuka dan bersih

Tanaman cabai membutuhkan lokasi yang terbuka agar pertumbuhannya seragam. Tanaman cabai yang ternaungi akan mengalami etiolasi (cepat tinggi) namun pertumbuhannya menjadi lambat. Bersih disini lokasi tersebut tidak tercemari oleh sampah baik organik maupun kimia.

3. Memiliki struktur tanah yang baik

Tanaman cabai sangat produktif jika ditanam pada lahan yang gembur, struktur tanahnya yang remah (tidak padat), banyak mengandung bahan organik (pupuk kandang/kompos), serta memiliki pH tanah berkisar 5,5 – 6,8. Keuntungan jika anda mendapatkan lahan yang gembur adalah anda tidak perlu biaya banyak untuk memperbaiki struktur tanahnya.

4. Lokasi mudah diakses

Lokasi yang mudah diakses akan memudahkan saat anda hendak mengontrol tanaman cabai anda, terutama nanti pada saat panen. Tentu ini menguntungkan karena anda tidak memerlukan tenaga kerja untuk memindahkan panenan jika lokasinya mudah diakses.

6. Mudah pengawasannya

Cabai, sebagai komoditas sayur yang paling fluktuatif harganya, memilih lokasi yang mudah pengawasannya tentu akan menguntungkan anda terutama saat harga cabai tinggi. Anda tak perlu khawatir cabai anda akan dicuri karena masalah keamanan bisa anda kondisikan.

7. Tenaga kerja tersedia

Saat ini mencari tenaga kerja pertanian sedikit susah karena banyak yang beralih profesi ke sektor industri. Alasannya sangat logis, upah yang diperoleh di pabrik dinilai lebih tinggi daripada di sektor pertanian. Meski begitu, anda bisa mengkader tenaga kerja yang potensial untuk bekerja dengan anda nanti.

8. Masih belum endemik penyakit

Bagaimana suatu lokasi masih belum endemik penyakit? Suatu lokasi masih belum endemik itu bisa diketahui dengan masih belum banyaknya kasus serangan penyakit di lokasi tersebut pada lokasi yang luas. Salah satu endemik penyakit yang perlu anda hindari adalah endemik layu baik itu layu fusarium ataupun layu bakteri.

9. Lokasi bukan langganan banjir

Suatu lokasi merupakan langganan banjir atau tidak dengan mengetahui histori lahan tersebut. Sangat beresiko anda menanam pada lokasi langganan banjir karena sudah pasti anda akan gagal panen…hehehe.

Baca juga : 

Dari semua itu mana yang lebih penting? Yang memiliki skala prirotas yang tinggi adalah ketersediaan air, ketersediaan tenaga kerja serta bukan langganan banjir. Sedangkan yang lain, bukanlah syarat mutlak karena masih bisa dikondisikan.

Jika kriteria penanaman yang baik sudah didapatkan maka tinggal menerapkan teknis budidaya yang baik, mulai dari pengolahan tanah sampai pemeliharaan tanaman. Nah, tips ini secara umum tidak hanya untuk tanaman cabai saja, untuk tanaman sayur yang lain seperti tomat, terong, labu dan timun-timunan.

Akhirnya setelah usaha, tinggallah tawakkal dan doa agar tahapan usaha yang telah dilalui tadi mendapatkan hasil yang kita inginkan. Satu pepatah yang perlu dipegang adalah “hasil tak akan pernah mengkhianati usaha”, maknanya usaha yang kita lakukan pasti akan memberikan hasil yang baik

Jika tidak, berarti masih belum rezeki. Barangkali musim selanjutnya ada rezeki yang jauh lebih besar.

Sampai disini dulu ya sob, artikel tips bagaimana memilih lokasi penanaman cabai yang baik. Seperti sebelum-sebelumnya saya mendoakan usaha tani anda semua sukses dan berkah. Aaamiin.

Jangan lupa bagikan artikel ini untuk saudara, sahabat dan teman anda yang barangkali membutuhkan informasi pada artikel ini. Tentu selain saya yang dapat pahala, tak terkecuali anda yang menyebarkan pun dapat. InsyaaAllah.

Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For Tips Memilih Lokasi Penanaman Cabai yang Baik

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com