Menu

Tertarik Jadi Distributor Pupuk Bersubsidi? Ini Dia Syarat-Syaratnya

26/12/2016 | Info Agribisnis
Share this :

Sistem distribusi pupuk subsidi Petrokimia Gresik. Sumber : petrokimia-gresik.com

Belajartani.com –  Pupuk bersubsidi sebagaimana yang kita ketahui, terkadang cukup sulit untuk didapatkan. Padahal saat itu kita benar-benar membutuhkan. Sebenarnya bukan karena produknya tidak ada, tapi karena ada masalah pada rantai distribusinya yang tidak merata.

Sebagai petani, anda tentu sangat kesal akibat ulah distributor dan kios resmi tadi, anda akan susah mendapatkan pupuk tersebut. Kalaupun ada, terkadang anda harus rela menebusnya dengan harga yang lebih mahal, jauh di atas HET (Harga Eceran Tertinggi).

Oleh sebab itu, jika daerah anda sering kekurangan supply pupuk bersubsidi (disaat yang sama potensi kebutuhannya banyak), menjadi salah satu distributor atau kios penyalur resmi pupuk bersubsidi bisa jadi peluang usaha yang bagus untuk anda. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, melalui jalur resmi dan sah tentunya.

Untuk menjadi distributor, anda harus mendirikan badan usaha yang  berbadan hukum seperti PT, CV atau Koperasi. Oleh karena itu untuk menjadi distributor resmi dibutuhkan modal yang cukup besar untuk membangun kantor, gudang penyimpanan, dan pengadaan armada kendaraan. Sedangkan untuk menjadi kios resmi tidak dibutuhkan modal sebagaimana menjadi distributor.

Salah satu produsen pupuk terlengkap di Indonesia adalah PT Petrokimia Gresik. Untuk mendistribusikan hasil produksinya, PT Petrokimia Gresik mempunyai jaringan distribusi yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Daftar Distributor dan wilayah kerjanya bisa dilihat di website : www.petrokimia-gresik.com

Lalu, bagaimana caranya menjadi distributor resmi pupuk bersubsidi? Apa saja syarat menjadi distributor pupuk bersubsidi produksi PT Petrokimia Gresik ? Ada 10 syarat yang wajib anda penuhi.

  1. Berbadan Hukum
  2. Akte Pendirian Perusahaan
  3. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  4. Surat Ijin Usaha Perdagangan (Perdagangan Umum)
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Tanda daftar  gudang dan sarana transportasi (fotocopy STNK)
  7. Memiliki kantor dan pengurus aktif
  8. Memiliki minimal 2 (dua) kios resmi
  9. Memiliki modal kurang lebih Rp 2 miliar (Bank Garansi)
  10. Rekomendasi Disperindag setempat

Bila anda sebagai kios ingin menjual pupuk Urea, ZA, SP-36, Phonska dan Petroganik, anda harus mendaftarkan terlebih dahulu sebagai kios resmi kepada Distributor terdekat di daerah anda. Apa saja syarat menjadi kios resmi pupuk bersubsidi produksi PT Petrokimia Gresik ? Setidaknya ada 6 syarat yang wajib anda penuhi.

  1. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Memiliki pengurus aktif dan sarana penyaluran produk
  5. Menyebutkan lokasi kios yang diajukan
  6. Memiliki permodalan yang cukup

*Syarat tersebut diajukan ke distributor setempat yang menjadi penanggungjawab pendistribusian pupuk bersubsidi. Pengangkatan kios menjadi kewenangan dari distributor. Daftar Distributor dan wilayah kerjanya bisa dilihat di website : www.petrokimia-gresik.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Pusat Layanan Pelanggan, antara lain :

  • Email : konsumen@petrokimia-gresik.com
  • Telepon BEBAS PULSA : 08001888777 (khusus dari telepon rumah atau kantor)
  • Telepon tidak bebas pulsa : 031-3977001-3, 3979975 (dari telepon mana saja)
  • Faksimil / Fax : 031-3979976

Baca juga :

Nah sobat BT, itulah ulasan tentang bagaimana cara dan syarat menjadi distributor resmi pupuk bersubsidi dari PT Petrokimia Gresik. Bagaimana anda tertarik?

Semoga bermanfaat ya sobat BT, sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares
loading...

Related For Tertarik Jadi Distributor Pupuk Bersubsidi? Ini Dia Syarat-Syaratnya

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com