Menu

Subhanallah, Beginilah Kondisi Pertanian di Palestina

29/01/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Sobat BT, apa yang yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata Palestina? Al-aqsho, Gaza, Tepi Barat, Negeri Konflik, Tragedi Kemanusiaan dan masih banyak yang lainnya. Benar sekali jawaban anda di atas, namun artikel kali ini kita tidak membahas masalah itu, tapi tentang kondisi pertanian di Palestina.

Subhanallah, sebagai negeri yang berada di kawasan Timur Tengah, sebagian besar Palestina mempunyai tipologi tanah yang kering, berpasir dan gurun, seperti negara-negara Arab lain. Meski pun begitu banyak wilayah di Palestina yang subur untuk pertanian.

Baca juga : Teknologi Pertanian Makin Maju, Gurun pun Disulap Jadi Lahan Pertanian

Banyak orang pun tak menyangka ternyata kondisi pertanian di Palestina saat ini cukup berkembang. Walaupun minim persediaan air tapi dari sana bisa dihasilkan sayur dan buah yang tumbuh dengan suburnya.

Meski kondisi negaranya kacau balau, akibat konflik dan perang yang berkepanjangan, di sudut negeri ini nyatanya sektor pertanian masih bisa berkembang.

Dengan teknologi yang ada, petani disana bisa memaksimalkan potensi lahan yang ada. Hasilnya beberapa komoditas yang ditanam di bumi Palestina ternyata tumbuh subur, seperti semangka, kurma, anggur, kubis, zukini, strawbery dan lain-lain.

Petani Zaitun di Tepi Barat (West Bank). Image source: http://gopalestine.org

Bahkan banyak komoditas yang ditanam petani Palestina bisa menembus pasar Eropa bahkan dunia. Komoditas yang diketahui telah menembus pasar Eropa antara lain zaitun (olive), strawberry, dan kurma (date).

Penasaran kan gimana kondisi pertanian di Palestina? Berikut ini beberapa foto-foto aktivitas pertanian yang ada di Palestina. Oiya ini hanya beberapa ya sob, mohon maaf kalo tidak lengkap. Okey, Cekidot..!

Petani semangka di Gaza City. Image source: www.maannews.com

Petani Zukini Palestina di Tepi Barat Bardala. Image source : reuter.com

Petani Kubis Gaza dan sukarelawan internasional. Image source: https://inhabitat.com

Petani Strawberry Beit Lahia, wilayah dengan tanah paling subur di Gaza, Palestina. Komoditas strawberry Palestina telah menembus pasar Eropa. Image source: thenational.ae

Lokasi pertanian anggur di Palestina. Image source: abdillah onim fp

Warga Palestina menanam bunga di tabung gas air mata di dekat kota Ramallah, Provinsi Tepi Barat. Image source: https://electronicintifada.net

Sebagai tambahan informasi, pertanian di Palestina merupakan sektor andalan perekonomian. Secara formal 13,4% dan secara informal 90% penduduknya bekerja disektor pertanian (source : Agriculture in Palestine: a post-Oslo Analysis, 2012).

Baca juga : Teknologi Pertanian Modern, Jawaban untuk Krisis Pangan Dunia

Luas lahan pertaniannya 183.000 hektar dan separuhnya digunakan untuk produksi zaitun (olive). Pendapatan dari produk zaitun menghasilkan ekspor yang lebih banyak dari komoditas pertanian lainnya (sourcehttps://en.wikipedia.org/wiki/Olive_production_in_Palestine).

Pada akhir dekade ini, pertanian di Palestina mengalami masalah yang pelik. Bermula sejak Israel memberlakukan blokade ekspor hasil pertanian Palestina, blokade impor sarana produksi, perusakan sumur serta membangun tembok penghalang di Tepi Barat (West Bank) (source: https://en.wikipedia.org/wiki/Economy_of_the_State_of_Palestine).

Tembok blokade di Tepi Barat. Image source: news.yahoo.com

Tak sampai disitu banyak lahan produktif pertanian di Palestina yang kemudian disita dan dikuasai militer Israel menambah pelik kondisi pertanian Palestina sehingga pertanian menjadi sektor paling miskin di Palestina saat ini.

Mari kita doakan semoga kondisi pertanian di Palestina kembali membaik sobat, karena masalah yang ada di Palestina hakikatnya bukanlah soal agama, muslim atau bukan, but its about humanity, tentang kemanusiaan.

Semoga bermanfaat, terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

 

Bagikan ke teman anda :
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
  •  
    5
    Shares
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]