bt
Menu

Mengintip TALADTHAI, Pasar Agribisnis Terbesar di Thailand

Belajartani.com – Halo sobat BT semua, pernah pergi ke Thailand sob? Beluuuum? Nah sama dong saya juga hehe. Nah kalau belum, sebentar lagi sobat akan saya ajak jalan-jalan ke Thailand, untuk melihat dan mengintip Taladthai, pasar agribisnis terbesar di Thailand.

Wah serius gak nih? Serius lah sob. Asyyiiiik….! Lanjut kuy….!

Pasar agribisnis adalah pasar yang menjual produk hasil pertanian baik itu buah dan sayuran. Pasar agribisnis biasanya terkenal kotor dan kumuh, terutama yang sering kita temui di dalam negeri. Dan hanya sedikit mungkin jumlahnya pasar agribisnis yang bersih seperti Puspa Agro Jatim.

Banyak sekali yang berharap di dalam negeri memiliki banyak pasar agribisnis yang besih dan berstandar international, seperti yang akan kita lihat bentar lagi. Namanya Taladthai.

Taladthai Pasar Agribisnis terbesar di Thailand (1). Sumber: fp balitjestro

Mengutip dari facebook page balitjestro indonesia, Taladthai adalah sebuah pasar agribisnis terbesar di Thailand (luas 80 hektar dalam satu lokasi). Letaknya di Pathumthani yang berjarak kurang lebih satu jam dari Bangkok.

Taladthai Pasar Agribisnis terbesar Thailand (2). Sumber : fp balitjestro

Tak hanya bersih, luas tapi juga lengkap. Taladthai dikelompokkan berdasarkan komoditas pertanian yang diperdagangkan, antara lain bunga, buah-buahan, sayuran, daging, telur dan ikan segar.

Selanjutnya diberitakan juga, bahwa hampir semua jenis buah yang diproduksi di Thailand ada disana. Pepaya, pamelo, pisang, jambu, mangga, durian, lengkeng, buah naga, nanas, nangka, melon dan masih banyak yang lain.

Taladthai Pasar Agribisnis terbesar Thailand (3). Sumber : fp balitjestro

Nah kalau kita liat, blok khusus buah ini cukup luas ternyata, cukup bagi mobil pengangkut buah untuk masuk. Coba lihat bersih sekali bukan?

loading...

Taladthai Pasar Agribisnis terbesar Thailand (4). Sumber : fp balitjestro

Tak hanya buah dari petani Thailand saja, di Taladthai ternyata ada lapak khusus buah impor. Menariknya justru sepi dibandingkan lapak buah lokal Thailand. Sepertinya masyarakat Thailand sudah sangat sadar akan pentingnya mengkonsumsi produk dalam negeri sendiri.

Taladthai Pasar Agribisnis terbesar Thailand (5). Sumber : fp balitjestro

Nah sob, banyak yang bisa ambil dari liputan tim balitjetro tentang Taladthai, pasar agribisnis terbesar di Thailand, yakni tentang :

1. Budaya masyarakat Thailand dalam menjaga kebersihan pasar

2. Serta kuatnya nasionalisme masyarakat Thailand dalam mencintai produk dalam negeri.

Indonesia harus belajar 2 hal tersebut, karena di Indonesia masih banyak orang yang mengaku cinta produk dalam negeri nyatanya lebih suka produk impor (kamu tahu siapa ?). Banyak juga pejabat yang ngaku pro rakyat nyatanya justru impor di saat dalam negeri panen raya. Ironis!

Lalu, tentang kebersihan. Apa yang ada dalam kepala anda saat membayangkan pasar agribisnis di Indonesia? Yap, pada umumnya pasar buah dan sayur yang ada di Indonesia kumuh dan kotor. Hanya beberapa saja yang bersih dan nyaman.

Salah satunya seperti Puspa Agro Jatim. Seperti halnya Taladthai, di Puspa Agro para petani, peternak dan nelayan di wilayah Jatim bisa memasarkan hasil panen mereka. Bukan rahasia umum, pemasaran dan nilai tambah adalah 2 masalah yang saat ini selalu dialami oleh para petani saat panen.

Pasar agribisnis Puspa Agro Jatim. Sumber gambar: kabarbisnis.com

Keren sekali peran dari pasar agribisnis Puspa Agro ini dalam memperpendek rantai distribusi yang kita tahu sangat panjang, sehingga bisa meningkatkan nilai tambah petani yang selama ini lebih banyak dinikmati oleh pedagang, pengepul atau tengkulak.

Pasar agribisnis seperti Puspa Agro ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi sobat BT yang mempunyai kapasitas produksi sayur dan buah yang memadai. Yang belum pernah mengirimkan atau belum memiliki channel/link di Puspa Agro bisa menghubungi/menanyakan mekanisme kepada divisi public relation Puspa Agro. #script by hl#

Public Relation Division Puspa Agro (source: puspaagrojatim.com): 

Baca juga : Tips Dan Cara Menghadapi Kenaikan Harga Menjelang Ramadhan

Nah, sobat BT sampai disini jalan-jalan kita mengintip Taladthai, pasar agribisnis terbesar di Thailand. Semoga bermanfaat buat anda semua. 

Jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat dan teman tani anda yang lain ya sob, sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

 

Bagikan ke teman anda :
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]