Menu

Mengenal Hama Penyakit Utama Tanaman Kubis (Cabbage)

Share this :

Belajartani.com – Sobat BT, bagi anda yang pernah menanam kubis (cabbage) mungkin sudah tak asing lagi dengan hama dan penyakit utamanya. Namun tidak demikian bagi anda yang belum pernah. Nah artikel kali ini kita akan belajar mengenal apa saja sih hama dan penyakit utama (yang selalu muncul saat penanaman) pada tanaman kubis.

Kubis (Brassica oleracea) adalah salah satu komoditas favorit petani di dataran tinggi. Tingginya permintaan dan konsumsi membuat banyak petani yang berbondong-bondong menanamnya.

Kubis banyak dikonsumsi karena mengandung banyak manfaat bagi kesehatan seperti sebagai penurun kolesterol, antioksidan/antikarsinogen (mencegah tumor dan kanker) dan lain sebagainya.

Upaya peningkatan produksi kubis untuk memenuhi permintaan pasar terkadang terkendala karena faktor hama dan penyakit utama yang menyerang. Dampak Serangan hama penyakit menyebabkan petani mengalami kerugian.

Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya mengenal hama dan penyakit utama pada tanaman kubis. Apa saja hama dan penyakit utama tanaman kubis? Simak ulasan di bawah ini sob.

Hama Utama Tanaman Kubis

1. Ulat Plutella xylostella

image source : taibif.tw

Atau lebih dikenal sebagai ulat tritip. Ulat tritip merusak tanaman saat stadia larva. Plutella merusak kubis dengan cara memakan daun (muda atau tua) hingga tersisa tulang-tulangnya.

2. Ulat Spodoptera litura

image source : en.wikipedia.org

Atau lebih dikenal sebagai ulat grayak. Ulat ini memakan kubis baik muda atau yang tua. Memiliki banyak inang, merusak dengan cara memakan daun atau krop sehingga muncul gejala daun berlubang bahkan tersisa tulang daunnya saja.

Hama ini biasanya menyerang saat musim kemarau, namun terbilang mudah untuk dikendalikan. Meski begitu, tetap tidak boleh diremehkan karena serangannya dapat mengurangi kualitas dan kuantitas panen.

3. Ulat Crosidolomia binotalis

Atau lebih dikenal sebagai ulat krosi atau ulat krop. Merusak dengan cara memakan daun kubis yang belum atau sudah membentuk krop. Serangan ulat krop seringkali membuat panen gagal karena tanaman gagal membentuk krop.

4. Ulat Agrotis ipsilon

image source : entej.com

Atau lebih dikenal sebagai ulat tanah. Merusak kubis dengan cara memotong (memakan) pangkal batang setelah beberap hari tanam. Ulat ini aktif pada malam hari dan bersembunyi saat matahari akan terbit.

Penyakit Utama Tanaman Kubis

1. Bercak daun (leaf spot) Alternaria brasicae

Jamur alternaria brasicae menyerang saat kondisi cuaca basah dan lembab. Serangan penyakit bercak daun menimbulkan gejala serangan yang khas yakni adanya cincin konsentris bewarna coklat tua hingga coklat muda. Serangan bercak daun akan menurunkan kualitas panen.

2. Busuk lunak (soft root) Erwinia carotovora

seperti jamur alternaria, bakteri Erwinia carotovora menyerang saat kondisi cenderung basah dan lembab. gejala serangannya yakni batang atau krop kubis mengalami busuk basah dan timbul bau yang tidak enak.

3. Busuk Hitam Xanthomonas campestris

Serangan penyakit busuk hitam menimbulkan gejala menguning hingga menghitamnya daun atau batang kubis. bakteri xanthomonas dapat terbawa pada benih (seed borne) dan mampu bertahan 2 tahun.

4. Akar gada (club root) Plasmodiophora brassicae

Akar gada (club root) atau akar bengkak atau biasa disebut juga pentol, adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur Plasmodiophora brassicae. Mengenai mekanisme, gejala serangan dan cara pengendaliannya anda dapat membaca artikel ini >> Kubis Terserang Akar Gada (Club Root), Gimana Ya Solusinya?

Nah, sobat BT demikian ulasan singkat tentang hama dan penyakit utama pada tanaman kubis. Dengan mengenal hama dan penyakit tanaman kubis berarti anda telah meminimalisir tingkat kegagalan panen.

Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih ^^

 

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For Mengenal Hama Penyakit Utama Tanaman Kubis (Cabbage)

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com