Menu

Inilah Jagung Permata Kaca (Glass Gem Corn), Jagung Bewarna Pelangi yang Nyata dan Menakjubkan..!

Share this :

Jagung Permata Kaca (Glass gem Corn). Image source : businessinsider.co.id

Belajartani.com – Subhanallah, wow, emejing, keren, de el el.. Disadari atau tidak mungkin kata-kata ini yang keluar dari mulut sobat BT saat pertama melihat gambar jagung ini. Atau mungkin ada sebagian sobat BT menganggap gambar ini editan mbah Sotosop..? hehe 😀

Percaya atau tidak, jagung ini benar-benar ada dan nyata loh..! Nama dari jagung ini adalah  Glass Gem Corn atau Jagung Permata Kaca.

Jagung Permata Kaca (Glass Gem Corn), jagung unik dan bewarna pelangi ini, sempat menjadi viral pada tahun 2012 ketika sebuah foto dari tongkol jagung berkilau diposting ke Facebook. Tak lama setelah itu, perusahaan yang menjual benih jagung langka ini, Native Seeds/SEARCH, kebanjiran permintaan.

ggc-viral-2012

Gambar Jagung Permata Kaca yang viral di tahun 2012. Image source : businessinsider.co.id

Bagaimana kisah Jagung Permata Kaca berawal ?

Kisah Jagung Permata Kaca dimulai dengan petani Oklahoma bernama Carl Barnes. Barnes, yang merupakan seorang Indian Cherokee, mulai menanam Jagung Permata Kaca ini di usia tuanya sebagai salah satu usaha untuk menjaga warisan leluhur.

Dalam menumbuhkan varietas jagung langka yang merupakan Jagung Asli Amerika (Native American Tribes Corn) ini, Barnes mengisolasi varietas  yang sempat hilang saat mereka pindah ke tempat yang sekarang dikenal Oklahoma di tahun 1800-an. Selain itu, untuk menambah koleksi jagung langkanya, ia melalukan pertukaran benih jagung langka dengan teman-temannya dari daerah lain.

jagung-permata-kaca-luarbiasa

Jagung Permata Kaca yang menakjubkan hasil seleksi dan persilangan oleh Barnes. Image source : businessinsider.co.id

Barnes kemudian mulai menyeleksi, menyimpan dan menanam kembali benih dari tongkol yang bewarna-warni. Seiring berjalannya waktu, akhirnya tercipta jagung yang bewarna-warni seperti pelangi yang lebih dikenal sebagai Glass Gem Corn atau Jagung Permata Kaca ini.

Pada tahun berikutnya, Barnes memberikan benih jagung pelangi itu kepada temannya Greg Schoen. Schoen lalu mengembangkannya lagi dengan menyilangkannya dengan varietas yang lebih tradisional. Hasilnya, terciptalah strain baru dimana warna dan pola jagung pelangi ini jauh lebih hidup.

Menurut Schoen, Barnes pernah mengatakan bahwa bahwa jagung pelangi ini berasal dari persilangan jagung Pawnee (jagung kecil jenis popcorn) dengan jagung Osage berbiji merah, serta jagung Osage berwarna kelabu yang disebut juga Greyhouse.

jagung-osage-warna-merah

Jagung Osage warna merah

jagung-osage-warna-kelabu

Jagung Osage warna kelabu

Schoen kemudian mencoba memberi nama jagung berdasarkan warna dan pola yang muncul setelah persilangan itu. Opsi nama yang sempat muncul antara lain Circus Colors (jagung warna sirkus), True Rainbow (jagung pelangi sejati) dan Deep Blue (jagung biru gelap).

Nah, yang terakhir muncul yaitu Jagung Permata Kaca yang Schoen kembangkan pada tahun 2007 dengan cara menyilangkan jagung berbiji hijau-biru dengan ungu-merah muda.

jagung-bewarna-pelangi

Jagung Permata kaca, hasil silang jagung berbiji hijau-biru dengan ungu-merah muda. Image source : businessinsider.co.id

Pada tahun 2009, Schoen memberikan benih dari beberapa varietas jagung pelangi ini kepada Bill McDorman, pemilik perusahaan benih yang bermarkas di Arizona yaitu Seed Trust. Bill McDorman yang penasaran kemudian menanamnya. Ia terkejut sekaligus terpesona dengan keindahan biji jagung permata kaca ini.

McDorman saat itu adalah Direktur Eksekutif Native Seeds/SEARCH, sebuah organisasi konservasi non-profit. Organisasi ini bertujuan utnuk menjaga dan melindungi, serta melestarikan warisan leluhur penduduk asli Amerika ini. Pada perkembangannya, Native Seeds/SEARCH menjual benih Jagung Permata Kaca secara online (internet).

jagung-permata-kaca-keren

Jagung Permata Kaca keren

Jagung permata kaca ini tidak cocok ditanam di musim salju, namun akan tumbuh di mana saja saat cuaca hangat dan ada sinar matahari penuh. Benih Jagung Permata Kaca ini umumnya ditanam di akhir musim semi (peralihan musim dingin ke musim panas).

Cara tanamnya yaitu bibit ditanam sedalam 1 inci, menggunakan sistem 3 baris dalam satu bedengan dan jarak antar bedengan sekitar 6 inchi. Cara tanam ini bertujuan agar polinasi atau penyerbukan berjalan dengan baik.

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana rasa jagung eksotis ini?

 

jagung-permata-kaca-mengagumkan

Amazing Glass Gem Corn. Image source : businessinsider.co.id

Tidak seperti jagung manis, Jagung Permata Kaca tidak direbus untuk bisa mengkonsumsinya. Jagung Permata Kaca memiliki tekstur yang keras sehingga terkadang disebut Flint Corn (jagung batu). Kebanyakan orang menggilingnya menjadi tepung jagung dan menggunakannya dalam tortilla atau bubur jagung atau dibuat popcorn (walaupun hasil popcornnya tidak bewarna pelangi).

Bagaimana sobat BT, anda tertarik membelinya? hehehe

glass-gem-corn-seeds

Benih Jagung Permata Kaca. Image source : businessinsider.co.id

Jika iya, anda bisa memesan Jagung Permata Kaca yang unik melalui di situs Native Seeds/SEARCH. Harganya $7.95 per pack, yang berisi 50 seeds.

Nah, demikianlah artikel tentang Jagung Permata Kaca yang indah dan mengagumkan ini. Sebagian besar isi konten dan semua gambar dalam artikel ini dikutip dan diterjemahkan dari halaman businessinsider.co.id.

Semoga bermanfaat…!

Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For Inilah Jagung Permata Kaca (Glass Gem Corn), Jagung Bewarna Pelangi yang Nyata dan Menakjubkan..!

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com