Menu

Ini Nih Perbedaan Pupuk Panas dan Pupuk Dingin

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Belajartani.com – Hallo sobat BT, tak terasa udah masuk bulan April nih. Kali ini saya mau nulis dan posting tentang perbedaan pupuk panas dan pupuk dingin saja. Istilah pupuk panas atau pupuk dingin adalah istilah khusus yang ada pada pupuk kandang.

Apa itu pupuk panas, pupuk dingin dan mengapa muncul istilah tersebut, kita bahas sama-sama yuk.

Tapi sebelum kita membahas secara detil apa itu pupuk dingin atau panas, kita review dulu yak tentang apa itu pupuk kandang. Pada artikel sebelumnya Apa Sih Perbedaan Pupuk Organik dan Anorganik? Simak Kelebihan dan Kelemahannya Disini, sudah saya bahas disana apa saja kelebihan dan kekurangan pupuk organik dibanding pupuk anorganik (kimia) dimana salah satunya pupuk kandang itu.

Pupuk kandang adalah pupuk yang diperoleh dari kotoran ternak baik itu kotoran padat maupun air kotoran cairnya (air kencing). Jadi berdasarkan bentuk, pupuk kandang dibedekan menjadi 2 jenis yaitu pupuk kandang dan pupuk kandang cair.

Namun pada umumnya yang kita ketahui lebih banyak petani menggunakan pupuk kandang dari kotoran padat ternak daripada air kencingnya. Alasan praktis mungkin menjadi sebabnya. Setelah terkumpul tinggal difermentasikan dan segera dapat digunakan.

Pupuk kandang sangat baik untuk memperbaiki stuktur tanah agar lebih remah tentunya. Oleh sebab itu digunakan sebagai pupuk dasaran. Namun perlu diingat bahwa yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah matang yakni yang proses penguraiannya berhenti. Nah, ciri-cirinya sudah tidak tercium bau amoniak, nampak kering kecoklatan.

Nah kembali lagi ke pupuk panas dan pupuk dingin, apa sih perbedaan keduanya?

1. Pupuk Panas, adalah pupuk kandang yang proses penguraian oleh mikroba berlangsung cepat. Proses ini sebagian menimbulkan gas sebagai efek sampingnya. Berikut ini yang termasuk pupuk kandang panas.

Jenis ternak Kandungan Unsur Hara (%)
Nitrogen (N) Fosfor (P) Kalium (K) Air (H2O)
Kambing        
Padat 0,60 0,30 0,17 60
Cair 1,50 0,13 1,80 85
Kuda        
Padat 0,55 0,30 0,40 75
cair 1,40 0,02 1,60 90
Domba        
Padat 0,75 0,50 0,45 60
cair 1,35 0,05 2,10 85

2. Pupuk Dingin, adalah pupuk kandang yang proses penguraian oleh mikroba nya berjalan dengan lambat. Sehingga kadangkala tidak menimbulkan panas. Berikut ini yang termasuk pupuk dingin.

Jenis ternak Kandungan Unsur Hara (%)
Nitrogen (N) Fosfor (P) Kalium (K) Air (H2O)
Sapi        
Padat 0,40 0,20 0,10 85
Cair 1,00 0,50 1,50 92
Kerbau        
Padat 0,60 0,30 0,34 85
Cair 1,00 0,15 1,50 92
Ayam        
Padat 1,00 0,80 0,40 55
cair 1,00 0,80 0,40 55

Nah, itulah perbedaan antara pupuk panas dan pupuk dingin pada pupuk kandang. Saat hendak menggunakan pupuk kandang, pupuk panas khususnya, perlu diperhatikan dan dipastikan bahwa pupuk tersebut telah benar-benar matang dalam artian sudah tidak terjadi penguraian oleh mikroba lagi. Karena jika tidak, akan berpotensi menyebabkan tanaman layu.

Baca juga :

Cara mengetahui ada tidaknya penguraian, pada pupuk panas jika dipegang sudah tidak panas lagi dan tidak berbau amoniak yang menyengat. Sedangkan pada pupuk dingin (karena tidak timbul panas), cukup dari bau amoniaknya, masih pekat atau tidak. Dan teksturnya sudah menyerupai tanah, bewarna coklat dan gembur tentunya.

Demikian artikel tentang perbedaan pupuk panas dan pupuk dingin. Tetap bersemangat sobat BT. Tetaplah dingin walaupun situasi dan kondisi sedang memanas. Hati boleh panas tapi kepala harus tetap dingin…Apaaan sih. Hehe hehe.

Semoga bermanfaat dan lupa bagikan kepada saudara, sahabat dan teman anda ya. Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
  •  
    10
    Shares
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  

Related For Ini Nih Perbedaan Pupuk Panas dan Pupuk Dingin

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]