bt
Menu

Daftar pH Optimum Beberapa Komoditas Pertanian

Belajartani.comBoss, berapa pH tanah optimum untuk tanaman horti dan pangan? Itulah salah satu pertanyaan yang pernah sobat BT tanyakan. Setelah saya cek di pencarian google tenyata masih jarang yang menulis tentang ph optimum.

Selama ini saya pikir masih banyak petani yang tak terlalu peduli soal pH ini. Masalah tanaman saat kurang produktif, cenderung dilihat dari segi pemupukan, mungkin pupuknya kurang dan perlu ditambah.

Namun, setelah ditambah pupuk, masalah pun belum teratasi. Nah kasus tersebut muncul karena masalah utamanya belum selesai, yakni pH tanah.

pH tanah yang cenderung asam atau terlalu basa (alkali) akan menghambat penyerapan nutrisi dari pupuk secara efektif. Solusinya adalah dengan pengapuran (liming).

Tentang kejelekan dan dampak tanah asam pernah saya bahas yakni pada artikel berikut : 3 Kejelekan Tanah Asam dan Cara Mengatasinya.

Tentang jenis kapur pertanian yang bisa digunakan menetralkan tanah atau agar mencapai pH optimum bisa anda baca pada artikel berikut : 3 Jenis Kapur Pertanian untuk Memperbaiki Tanah Asam.

Antara tanaman yang satu dengan yang lainnya memiliki pH optimum yang berbeda-beda. Ada yang pH optimumnya dibawah 7, ada yang di atas 7.

pH tester Takemura

Nah, berikut ini akan kami sajikan daftar indeks pH optimum beberapa komoditas pertanian, berdasarkan data ph indeks Takemura Electric Works, LTD, Tokyo Japan.

loading...
pH Optimum Jenis Tanaman
5-6 Mawar, bakung, azalea
5-6,5 Kentang, padi, jagung, lobak
6-8 Bayam, kacang merah, selada, bawang merah, timun, tomat, wortel, terong, seledri, kubis, krisan, dahlia, tulip
7-8 Anyelir, tebu, gandum, kacang tanah, semanggi, alfalfa, zinnia

Berapa pH optimum untuk cabai? Karena pada rekomendasi di atas tidak ada. Berdasarkan pengalaman, cabai akan tumbuh dengan baik pada kisaran pH 5,5 sampai 7.

Selain tanaman pangan, berikut ini saya sajikan juga pH optimum untuk komoditas perkebunan, yang kami kutip dari buku Petunjuk Penggunaan Pupuk, karya Pinus Lingga, Penebar Swadaya.

pH Optimum Jenis Tanaman
3,5 – 8 Karet
4 – 5,5 Teh
4,5 – 7,5 Kopi
5 – 6 Kapas
5 – 7 coklat
5,5-7,5 Tembakau
6-8 Tebu

pH tanah optimum kini sudah anda ketahui, lantas tinggal melakukan pH tanah dengan pH tester, apakah nilai pH nya sudah masuk pH optimum apa belum. Jika ternyata masih dibawah nilai pH optimum bisa ditambahkan kapur sesuai rekomendasi. Pada postingan berikutnya insyaAllah akan kami bahas.

Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]