Menu

Cegah Kanker dengan Banyak Konsumsi Sayuran Ini

10/10/2017 | Holtikultura
Share this :

Belajartani.com – Diantara nikmat Allah SWT yang paling besar, salah satunya kesehatan. Dengan sehat, kita bisa bekerja dan berkarya. Saya bisa terus nulis artikel, sobat BT masih bisa membaca artikel saya, yang kali ini berjudul cegah kanker dengan banyak konsumsi sayuran ini, karena nikmat sehat juga.

Hari ini ceritanya saya habis baca-baca buku kesehatan yang membahas tentang penyakit yang populer di Indonesia, salah satunya kanker (bukan kantong kering loh, ini mah penyakit zaman mahasiswa dulu..huhu).

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa kanker (cancer) itu bisa dicegah sedini mungkin dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah.

Tapi tidak semua sayuran bisa mencegah kanker, hanya beberapa jenis terutama yang mengandung zat aktif tertentu yang dikenal sebagai antioksidan (antioxidants).

Mengapa saya menulis tentang artikel ini, pentingkah? Menurut saya cukup penting sih tema ini walaupun sebenarnya sudah banyak blog yang membahasnya, tapi karena sayuran ini sering ada di sekitar kita dan sering kita abaikan, tentu gak ada salahnya jika kita tahu.

Jadi tak hanya soal teknis atau cara menanam/budidaya saja yang kita bahas. Hehe. Penasaran sayuran (vegetables) apa saja yang bisa mencegah penyakit kanker? That’s it..!

1. Kubis (cabbage)

Kubis dikenal sebagai antioksidan karena kandungan zat aktif sulforafan dan histidine-nya. Sampai saat ini kubis sangat efektif untuk mencegah penyakit kanker kolon dan rektum, mencegah tumor serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Wortel (carrot)

Wortel, sayuran bewarna orange inih mengandung banyak zat aktif betakaroten (beta carotene) yang tinggi. Betakaroten diketahui sejak lama dapat mencegah berkembangnya sel-sel kanker.

3. Brokoli (broccoli)

Dalam brokoli, terkandung zat aktif sulforafan sebagaimana dalam kubis. Sebagai antioksidan zat aktif sulforafan dapat mencegah penyakit kanker, khususnya kanker lambung, kanker usus besar dan kanker payudara.

4. Seledri (celery)

Seledri mengandung zat aktif apigenin dapat mencegah sekaligus menghambat sel kanker seperti kanker pankreas, lambung, usus, hati, paru-oaru, payudara dan ovarium. Baunya yang khas dan segar bisa dijadikan moodbooster saat anda badmood.

5. Pare (bittergourd)

Rasanya pahit, tapi manfaatnya banyak? Itulah pare/paria. Mengandung zat aktif/ antioksidan betakaroten dua kali lebih banyak dibanding brokoli, membuat sayuran ini sangat baik untuk mencegah radikal bebas penyebab penyakit kanker.

6. Tauge (green beans)

Tauge (kecambah dari kacang hijau) banyak mengandung banyak zat antioksidan tokoferol (tocopherol) alias vitamin E. Vitamin E berfungsi melindungi dari radikal bebas. Diketahui juga mengandung Estrogen yang dapat mencegah kanker payudara.

7. Terong (eggplant)

Terong mengandung antioksidan asam klorogenat (chlorogenic acid) yang berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker. Selain pada daging, kulitnya banyak mengandung  antioksidan flavonoid yang juga bersifat antikanker.

8. Tomat (tomato)

Tomat dikenal mengandung zat aktif bernama likopen (lycopene). Zat antioksidan ini berguna selain untuk mencegah pembentukan sel-sel kanker juga menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Lycopene tidak diproduksi oleh sel tubuh manusia sehingga dianjurkan untk banyak mengkonsumsi tomat.

Baca juga :

Sebenarnya sangat banyak sekali kandungan vitamin dan mineral pada sayuran-sayuran di atas, salah satunya mengandung banyak vitamin C, yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Namun, saya hanya membahasnya dari segi fungsinya sebagai antioksidan pencegah kanker.

Tak cuman mencegah, sayuran ber-antioksiadan diketahui ternyata bisa membuat awet muda juga loh. Jadi mulai sekarang perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan ya sob.

Demikian artikel tentang cegah kanker dengan banyak konsumsi sayuran. Semoga bermanfaat, jangan lupa bantu share kepada saudara, sahabat dan teman anda yang lain. Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For Cegah Kanker dengan Banyak Konsumsi Sayuran Ini

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com