bt
Menu

Beginilah Cara Tanaman Marigold Cegah Serangan Hama

17/05/2018 | Hama dan Penyakit

Belajartani.com Halo sobat BT, Tau tanaman Marigold ngga? Ya, Marigold merupakan tanaman sejenis kenikir yang memiliki banyak nama antara lain tagetes, gemitir, atau carendula. Sebagian besar masyarakat menanam tanaman Marigold ini karena keindahan warnanya. Di mana biasa digunakan untuk memperindah taman atau halaman rumah.

Selain itu ada beberapa masyarakat yang menanam Marigold untuk bisnis pertanian dimana Marigold di manfaatkan sebagai bunga potong. Di bali atau India, marigold merupakan bunga yang sakral dan sering digunakan sebagai bahan sesajen.

Nah, sebenarnya ada lagi manfaat tanaman Marigold yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama petani, yakni tanaman Marigold bisa digunakan sebagai tanaman refugia, yang bisa mencegah serangan hama.

marigold sebagai refugia bisa cegah hama. Image source: pixabay.com

Apa itu tanaman refugia dan bagaimana cara kerjanya?

Tanaman refugia adalah tanaman yang memiliki beberapa karakter yakni :

  • ditanam disekitar tanaman budidaya, baik pada pematang sawah atau di sekeliling lahan, berfungsi menghalau hama masuk ke tanaman utama (budidaya)
  • memiliki warna bunga dan bau yang mencolok, berfungsi menarik serangga hama datang (contoh: wereng, trips, dan kutu daun)

Tanaman refugia cegah hama masuk ke tanaman utama. Image source: pixabay.com

Memanfaatkan tanaman refugia untuk mencegah serangan hama tadi dikenal sebagai teknologi refugia. Cara kerja dari teknologi refugia ini pada prinsipnya sebagai pengalihan hama (bukan pengalihan isu ya..hha), yang awalnya hendak masuk ke tanaman budidaya teralihkan pada tanaman refugia yang warnanya menarik..hehe.

Kenapa tanaman Marigold atau jenis refugia lain menarik serangga hama datang? Hal ini dikarenakan serangga hama tertarik bau nektar yang dikeluarkan tanaman Marigold.

Banyaknya serangga hama yang berkumpul di tanaman refugia tadi ternyata menarik serangga predator (seperti kumbang Epilachna sparsa, lebah, tomcat dan semut predator aphids) datang dan memakan serangga hama tadi.

loading...

Tanaman refugia menarik lebah datang. Image source : pixabay.com

Jadi tanaman refugia merupakan sebuah tempat untuk melokalisasi serangga hama dan serangga predator musuh alaminya, yakni pada satu tempat sehingga tejadi proses makan memakan (mikroekosistem).

Jenis-jenis tanaman refugia

Selain tanaman Marigold ada beberapa jenis tanaman yang sudah terbukti dapat menarik hama datang, dari jenis tanaman bunga dan tanaman sayuran yang secara teknis mudah dibudidayakan, yaitu :

  • Tanaman bunga : tanaman bunga Marigold, tanaman bunga matahari, kenikir dan lain-lain
  • Tanaman sayuran : kacang panjang, gambas dan kecipir

Dimana dan kapan tanaman refugia sebaiknya di tanam?

Tanaman refugia sebaiknya ditanam di sekitar persawahan atau lahan sayur kita, secara keliling lahan di pinggiran pematang sawah atau bedengan. Bisa dibayangkan kan sob?

Untuk waktu kapan sebaiknya ditanam yakni sebelum tanaman budidaya ditanam, misal saat olah tanah. Jadi saat tanaman budidaya sudah ditanam, posisi tanaman refugia sudah mengeluarkan bunga.

Manfaat teknologi refugia

Seperti yang dibahas singkat di atas, tanaman Marigold dan tanaman yang berbunga menarik lainnya bisa dijadikan cara dalam mencegah serangan hama yang dikenal dengan teknologi refugia tadi.

Nah teknologi refugia ini tentu ramah lingkungan, karena membiarkan hama mati karena musuh alaminya,bukan karena aplikasi pestisida kimia. Logikanya jika aplikasi pestisida kimia atau agrochem berkurang, sudah barang tentu akan menghemat biaya produksi.

Baca juga : Tanaman Saya Terserang Hama Apa Sih..???

Melihat dari peran dari teknologi refugia seperti dibahas di atas yakni dengan menanam jenis tanaman Marigold atau bunga menarik lainnya, tentu ini sangat sejalan dengan program pemerintah yang saat ini menggalakkan program Go Organic, dimana salah satu komponennya adalah dengan pestisida organik (pestisida alami atau pestisida nabati).

Baca juga : 7 Tanaman Pestisida Nabati, Yang Terbukti Efektif Mengendalikan Hama Kutu-kutuan serta Cara Pembuatannya

Nah, sobat BT, demikianlah peran dan manfaat tanaman marigold cegah hama pada tanaman budidaya. Selain melindungi tanaman budidaya dari serangan hama, warna bunganya yang indah dan menarik dapat mempercantik lahan kita.

Dengan begitu siapa tahu bisa membuat kita lebih betah lagi berlama-lama di sawah..hehe.

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat dan teman anda yang lain ya sob. Terimakasih ^^

Salam hangat

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]