bt
Menu

Bagaimana Sih Cara Membedakan Pupuk Asli dan Palsu…?

24/03/2018 | Pupuk dan Pestisida

Belajartani.comKebutuhan pupuk kimia di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Sebagai salah satu input utama produksi, maka keberadaaan pupuk kimia seakan tak bisa dipisahkan dari petani.

Penggunaan pupuk kimia di lapangan oleh petani terkadang berlebihan, tidak sesuai anjuran dari pabrik bahkan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Asumsi dasarnya semakin banyak pupuk yang dikeluarkan, akan menghasilkan output atau hasil panen yang banyak juga.

Kendala utama pupuk kimia adalah sering terjadi kelangkaan di berbagai daerah. Kelangkaan biasanya terjadi pada pupuk subsidi yang disalahgunakan, seperti permainan pada sistem distribusi (penimbunan) dan pergantian kemasan pupuk subsidi menjadi non-subsidi.

Saat langka ini harga pupuk kimia biasanya melambung tinggi. Tapi karena sudah kebutuhan, berapapun harganya dibeli juga…!

Nah, kondisi kelangkaan inilah terkadang dimanfaatkan oleh para pemalsu pupuk untuk mengeruk keuntungan. Di sisi lain, pada saat yang sama petani tidak memilki pilihan lain sehingga terpaksa menggunakan pupuk palsu yang ditawarkan oknum tertentu.

Alasan lain petani mau menggunakan pupuk palsu karena kebanyakan petani kita masih belum memahami bagaimana membedakan mana yang pupuk asli, mana yang palsu.

Bukan maunya petani sih, lagian siapa juga yang mau pake barang palsu, lha wong cinta aja minta yang asli….wehehee.

Berawal dari masalah inilah yang melatarbelakangi belajartani.com, melakukan riset kemudian menuliskan dalam artikel ini bagaimana sih cara membedakan pupuk asli dengan pupuk palsu. Kami berharap tidak ada lagi korban pupuk palsu ini.

Bahkan kami menghimbau kepada anda semua jika ditemukan praktik penyalahgunaan pupuk bersubsidi baik itu penimbunan, penggantian kemasan atau juga pupuk palsu untuk segera melaporkan kepada pihak berwajib.

Salah satu pupuk yang sering dipalsukan adalah pupuk bersubsisi NPK PHONSKA, pupuk yang diproduksi oleh PT.Petrokimia Gresik, anak perusahaan PT.Pupuk Indonesia (Persero) ini sering dipalsukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Contoh gambar Pupuk Phonska palsu

Beda Pupuk Phonska asli (kiri) dan palsu (kanan). Sumber: RRI.co.id

Beda Pupuk Phonska asli (kanan) dan palsu (kiri). Sumber; kompas.com

Maka dari itu sobat BT, ada beberapa cara agar anda tidak tertipu pupuk palsu ini.

loading...
  1. Gunakan merk pupuk yang sudah terdaftar agar kualitasnya terjamin. Pupuk asli adalah pupuk yang hanya dikeluarkan oleh PT. Pupuk Indonesia dengan berbagai ciri yang perlu anda ketahui. Selain itu maka bisa dipastikan itu pupuk palsu.
  1. Jangan terkecoh dengan harga murah karena belum tentu bagus kualitasnya. Seringkali petani kita tergoda dengan harga pupuk yang murah, tanpa tahu bagaimana kandungan unsur haranya, umumnya kandungan haranya sedikit sehingga kinerjanya jauh dibandingkan pupuk asli.
  1. Kenali label pada kemasan pupuk asli. Pada kemasan Pupuk Phonska asli terdapat beberapa label tulisan yang dapat dijadikan pedoman dalam mengindentifikasi asli tidaknya Pupuk Phonska tersebut.

Kemasan Pupuk Phonska asli

Ada beberapa label yang terdapat pada kemasan Pupuk Phonska asli (kemasan terbaru) yang perlu anda ketahui yaitu :

  • Label tulisan ”PUPUK BERSUBSIDI PEMERINTAH, BARANG DALAM PENGAWASAN” dan “NOMOR PENGADUAN”
  • label merk dagang “Pupuk NPK PHONSKA” dimana “Pupuk NPK’ diberi warna biru tua, sedang “PHONSKA” bewarna merah.
  • Dibawah tulisan merk dagang terdapat tulisan kandungan unsur hara yakni Nitrogen: 15%, Fosfat: 15% dan Kalium: 15%.
  • Dibawah label merk dagang terdapat logo “PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY” dan produsen yakni PUPUK INDONESIA (PERSERO) GROUP.
  • Selanjutnya terdapat tulisan “MASA EDAR” dan “ALAMAT PRODUSEN”.
  • Pada bagian bawah sebelah tengah terdapat logo SNI dan keterangan “berat bersih 50 Kg”.

Gambar kemasan Pupuk Phonska asli (baru)

Kemasan baru Phonska

Gambar kemasan Phonska asli (lama)

Kemasan lama Phonska

  1. Selain dari kemasannya, Pupuk Phonska palsu dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Walau terkadang warna dan bau nya sama, pada pupuk Phonska palsu warnanya lebih pudar/kusam. Warna pada pupuk phonska yang asli adalah merah muda (pink).

Nah, sobat BT, itulah cara membedakan pupuk asli dan palsu, cukup mudah bukan? Saya harap artikel ini bermanfaat untuk anda semua…!

Jangan sampai anda menjadi korban pupuk palsu selanjutnya. Oh ya saudara, sahabat dan teman pun juga berpotensi tertipu, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk membagikan artikel ini pada orang terdekat anda…!

Sekian dan semoga bermanfaat ya Sob, terimakasih^^

Salam hangat 🙂
BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]