bt
Menu

6 Karakter Petani Sukses

29/07/2018 | Kolom Opini

Belajartani.com Menjadi sukses adalah cita-cita setiap orang, termasuk kita sebagai petani. Seperti apakah itu petani sukses? Apakah punya lahan yang luas, bisa beli mobil atau bisa pergi haji?

Sukses itu bersifat relatif tergantung masing-masing orang, karena parameter sukses masing-masing orang berbeda-beda. Termasuk anda, anda menjadi petani sukses itu saat bagaimana, hanya anda yang tahu.

Yang pasti menjadi petani sukses adalah menjadi petani yang berguna, bermanfaat bagi keluarga, masyarakat sekitar, serta bagi sosial ekonomi negara pada level makro.

Dalam artian bisa melakukan perubahan secara luas, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, bisa membuka lapangan pekerjaan misalnya.

Agar bisa menjadi petani sukses, petani harus memiliki beberapa karakter atau sifat yang akan mengantarkan ia pada puncak kesuksesan. Apa saja karakter petani sukses itu? Akan kita bahas poin-poinnya ya..!

#1. Rasa ingin tahu yang tinggi, mau belajar  dan mencoba hal yang baru (kreatif)

Rasa ingin tahu dengan cara belajar dan mencoba hal yang baru adalah cara petani sukses meningkatkan kualitas kemampuannya. Dia tidak segan-segan belajar dari petani lain yang jauh berpengalaman atau jauh lebih sukses lebih dahulu.

Intinya dia fokus pada bagaimana meningkatkan kualitas diri, jika terdapat kegagalan itu semata-mata karena kesalahan yang dia lakukan dan berusaha untuk tidak mengulanginya, dan yang terpenting lagi tidak mudah menyalahkan pihak lain.

Alam dan faktor lain mungkin menjadi salah satu sebab kegagalannya namun dia sadar bahwa semua itu adalah tantangan yang harus dihadapinya dengan sikap dewasa. Face with smile…!

#2. Berani mengambil resiko

Banyak yang bilang, orang sukses itu adalah yang berani mengambil resiko. Sama halnya petani sukses adalah yang berani mengambil resiko, bahkan resiko terburuk yakni kegagalan.

Saat dihadapkan dengan kondisi alam yang tidak bagus atau kondisi iklim dan cuaca yang tak stabil, petani sukses tetap tanam meskipun ada resiko gagal. Namun tetap dengan dasar perhitungan dan strategi yang matang agar tetap bisa panen.

Seringkali yang berhasil panen tadi, tiba-tiba menjadi petani baru yang kaya raya, bisa beli tanah dan rumah, karena di saat yang bersamaan banyak petani gagal panen sehingga harga panen menjadi naik berkali-kali lipat.

#3. Pantang menyerah dan bangkit saat gagal

Setiap petani dalam usahataninya pasti pernah mengalami kegagalan, namun petani sukses adalah mereka yang berani bangkit, pengalaman buruk di masa lalu dijadikan sebagai pelajaran agar tidak terjerumus pada kegagalan yang sama.

loading...

Terkadang lucu melihat petani sekarang, tanaman biasa saja, perawatan asal-asalan, maunya dibeli mahal! Ya gabisa kan? Dan tak sedikit juga yang bertani baru sekali, ketika gagal langsung putus asa dan enggan bertani lagi!

#4. Tahu cara atau kunci keberhasilan usahatani

Untuk bisa sukses tentu ada kuncinya, sebagaimana untuk bisa masuk ke dalam rumah yang terkunci butuh kuncinya. Demikian juga dengan petani, agar sukses musti tahu apa saja kunci keberhasilan usahatani.

Nah kunci keberhasilan tadi lah yang harus dimiliki, jika belum punya, anda harus berusaha memilikinya. Pada posting sebelumnya telah saya bahas panjang lebar tentang kunci keberhasilan usahatani, anda bisa baca artikel berikut >> 7 Kunci Keberhasilan Usahatani.

#5. Sikap optimis (yakin dan percaya diri)

Keyakinan dan percaya diri harus selalu ada mulai sejak awal memutuskan menjadi petani, dan saat proses produksi. Untuk apa jadi petani jika dari awal sudah tak yakin? Hal ini penting karena keyakinan akan melahirkan usaha yang benar.

Keyakinan (termasuk doa) ditambah dengan usaha yang benar akan melahirkan kesuksesan. Itu adalah rumus awal petani sukses yang tak bisa ditawar..!

Jika ditemukan belum sukses, berarti ada faktor rejeki. Dengan kata lain masih belum beruntung. Paling tidak usaha terbaik sudah dilakukan. Ada pepatah bilang: pekerjaan yang paling mudah adalah pekerjaan yang tidak dikerjakan.

#6. Kerja keras dan disiplin

Tidak dipungkiri bahwa kerja keras dan disiplin adalah karakter terpenting dari beberapa karakter di atas. Seberapa besar ambisi dan keinginan/cita-cita jika tidak diwujudkan dengan kerja keras tentu tidak akan menjadi kenyataan.

Kerja keras dan disiplin, harus ada dalam diri tiap petani. Di saat teman, tetangga atau petani lain santai-santai, banyak berteori dan minim aksi, petani sukses akan berusaha memberikan usaha terbaiknya. Karena ia sadar bahwa sukses diwujudkan dengan kerja keras. Talk Less do more..!

Petani Padi di Ohip, Amerika Serikat. Image source: pixabay.com

Baca juga : Inilah Tipe-tipe Petani yang Ada di Indonesia. Anda Tipe yang Mana?

Nah sobat BT, itulah 6 karakter petani sukses versi belajartani.com, ke-6 karakter penting di atas harus kita tanamkan dalam diri dan keluarga kita. Di dunia ini tak ada, yang tak ingin sukses, kita sebagai petani pun bisa..! Merdeka..!

Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimaksih ^^

Salam hangat 🙂 BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 20
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]