Menu

10 Perusahaan Benih Terbesar di Dunia

19/02/2016 | Info Agribisnis
Share this :

Belajartani.com – Benih merupakan salah satu kunci sukses dalam produksi pertanian. Sobat belajartani.com, tahukah anda bahwa benih yang beredar di seluruh dunia hanya diproduksi oleh beberapa perusahaan benih saja. Perusahaan benih ini telah mensuplai pasar benih dunia selama hampir berpuluh-puluh tahun.

Mengutip dari halaman nationofchange, berikut ini 10 perusahaan benih terbesar dunia, dimana 75 % lebih benih yang tertanam di muka bumi ini hanya diproduksi oleh 10 perusahaan. 3 besar dari perusahaan benih tersebut memliki lebih dari 50 % market share dunia.

monsanto
1. Monsanto Company

Monsanto Company, adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat dan bioteknologi pertanian perusahaan yang berkantor pusat di Saint Louis, Greater St. Louis, Missouri. Monsanto yang didirikan pada tahun 1901 memiliki 34 anak perusahaan antara lain seminis, Delta & Pine Land Company of Mississippi, DeKalb Genetics Corporation.

Seminis adalah pengembang benih terbesar, sekaligus pemasar benih buah dan benih sayuran di dunia. Monsanto dari saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 27 %. Pada tahun 2013 membukukan pendapatan sekitar 11,8 miliar Dolar AS dari hasil penjualan benihnya, dan meningkat menjadi 14,97 miliar Dolar AS.

2. DuPont Pioneer

DuPont Pioneer, sebelumnya bernama Pioneer Hi-Bred adalah produsen besar benih hibrida untuk pertanian. Pioneer adalah produsen utama organisme hasil rekayasa genetika, termasuk tanaman rekayasa genetika dengan resistensi serangga dan herbisida.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1926 oleh Henry A. Wallace dan berkantor pusat di Johnston, Iowa, Amerika Serikat. Pada tahun 2013 DuPont Pioneer telah menguasai 17 % dari pangsa pasar benih dunia. dan menghasilkan lebih dari 4 miliar Dolar AS.

3. Syngenta

Syngenta, didirikan pada tahun 2000 dari penggabungan Novartis Agribisnis dan Zeneca Agrokimia, adalah perusahaan agribisnis yang berbasis di Basel, Swiss dan merupakan perusahaan terbesar pesaing luar negeri Monsanto. Perusahaan ini selain memproduksi benih juga memproduksi bahan kimia pertanian.

Syngenta memiliki 9 % dari pangsa pasar benih dunia. Bersama Monsanto dan Pioneer mereka menguasai lebih dari 50 % pangsa pasar benih dunia. Pada tahun 2014 Syngenta membukukan pendapatan sebesar 15,13 miliar Dolar AS.

4. Groupe Limagrain

Groupe Limagrain adalah perusahaan benih asal Perancis yang saat ini menempati peringkat keempat terbesar di dunia. Dirikan pada tahun 1965, Groupe Limagrain bermarkas di Saint Beauzire, Puy de  Dome, Prancis. Groupe Limagrain saat ini fokus pada produksi benih sayur dan produk sereal.

Mereka memiliki 5 % dari pasar dan menikmati lebih dari 1,5 miliar Euro pada penjualan tahun 2013 dan 1,9 miliar Euro pada tahun 2014.

5. Land O’ Lakes

Land O’ Lakes, perusahaan agribisnis yang didirikan pada tahun 1921 yang berbasis di Arden Hills, Minnesota, Amerika Serikat. Pada tahun 2013 menguasai pangsa pasar sekitar 4 %. Saat ini kira-kira membukukan pendapatan sebesar 3,9 miliar Dolar Amerika dalam dan mendapatkan laba bersih 76,9 juta per tahun.

6. KWS AG

KWS AG, perusahaan asal Jerman ini didirikan oleh Matthias Kristen Rabbethge pada tahun 1856. Perusahaan ini berfokus pada pemuliaan tanaman, dengan kegiatan di sekitar 70 negara. Memiliki sekitar 3 % dari pangsa pasar pada benih pertanian dan pada tahun 2013 pendapatannya lebih dari 702 juta Dolar AS per tahun.

7. Bayer Crop Science

Bayer Crop Science, perusahaan ini didirikan pada tahun 1863, di di Barmen, Jerman oleh Friedrich Bayer Johann Friedrich Weskott. Selain sebagai perusahaan benih dan pestisida, Bayer Crop Science lebih dikenal sebagai perusahaan obat-obatan dan kimia dunia. Penjualan benih nya sekitar 2 % dari pangsa pasar dan menghasilkan 525 juta Dolar AS dalam penjualan tahunannya.

8. Sakata Seed

Sakata, perusahaan agribisnis asal Jepang ini didirikan pada tahun 1913 dan telah memproduksi benih bunga, melon, tomat, jagung manis. Benih bunga yang diproduksi oleh Sakata adalah jenis Petunia dan Zinnia (dari suku bunga matahari). Masing-masing mendapatkan penghargaan All American Selection (AAS) pada tahun 1934 dan 1999.

Pangsa pasarnya hanya kurang 2 % dan penjualan per tahunnya hanya sekitar 4-5 juta Dolar Amerika.

9. Takii Seed

Takii, salah satu produsen benih bunga dan sayuran berbasis di Kyoto, Jepang sejak 1835. Kini telah mengembangkan stasiun percobaan di Jepang serta fasilitas internasional yang berlokasi di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Belanda, Perancis, Chili, Thailand dan Cina. Sebagaimana Sakata pangsa pasarnya kurang dari 2 % dunia, dan penjualannya berkisar 4 juta Dolar Amerika.

10. DLF-Trifolium

DLF merupakan pemasok internasional terkemuka perusahaan benih rumput berkantor pusat di Roskilde, Denmark. Bisnis DLF-Trifolium dibagi menjadi tiga segmen; yaitu rumput pakan, rumput rumput untuk profesional dan rumput rumput untuk pasar ritel. Untuk pasar profesional DLF-Trifolium menyediakan benih rumput untuk acara olahraga besar. Pendapatannya sekitar 3,3 miliar Danish Krone (DKK).

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For 10 Perusahaan Benih Terbesar di Dunia

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com