Menu

4 Penyakit Utama pada Tanaman Jagung

21/05/2017 | Hama dan Penyakit, Pangan
Share this :

Belajartani.comSaat membahas hama utama tanaman jagung, sangat kurang lengkap rasanya jika tak membahas penyakit nya sekaligus, ataupun sebaliknya. Oleh sebab itu, artikel kali ini tentang 4 jenis penyakit utama pada tanaman jagung, merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang 4 Jenis Hama Utama pada Tanaman Jagung.

4 Penyakit Utama pada Tanaman Jagung yang biasanya menyerang antara lain penyakit karat daun, penyakit bercak daun, penyakit busuk tongkol serta penyakit bulai. Nah yang terakhir disebut ini yang selalu bikin heboh tiap tahunnya.

Inilah 4 Penyakit Utama pada Tanaman Jagung yang patut anda waspadai sobat BT. Selamat membaca…! 🙂

1. Penyakit karat daun

Penyakit karat daun disebabkan oleh serangan jamur Puccinia polyspora. Tanaman jagung yang terserang karat daun akan menunjukkan gejala bercak noda kuning kemerahan (seperti warna karat pada besi yang berkarat) pada bagian daun dan bunga. Konsekuensi serangan penyakit karat daun ini menyebabkan pertumbuhan tanaman jagung menjadi terhambat. Pasalnya proses sintesis protein (fotosintesis) menjadi terganggu sebab rusaknya bagian daun.

Karat daun Puccinia polysora. Image source : nad.litbang.pertanian.go.id

Pengendaliannya dengan cara mekanis yakni membuang bagian tanaman yang terserang. Seringkali pengendalian secara kimiawi berjalan kurang efektif.

2. Penyakit bercak daun

Penyakit bercak daun disebabkan oleh serangan jamur Helminthosporium maydis, gejala serangan yang muncul antara lain ditandai adanya bercak kuning kecoklatan lonjong atau memanjang. bercak ini awalnya basah, namun akhirnya mengering.

Bercak daun leaf blight Helminthosporium maydis. Image source : pioneer.com

Sebagaimana pada penyakit daun, pengendalian bercak dilakukan dengan cara mekanis yakni membuang bagian tanaman yang terserang. Seringkali pengendalian secara kimiawi berjalan kurang efektif.

3. Penyakit busuk tongkol

Penyakit busuk tongkol disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Gejala penyakit busuk tongkol ditandai dengan tongkol biji jagung yang bewarna coklat kemerahan, dan biasanya muncul dari pangkal tongkol. Untuk mengetahui tanaman jagung terserang busuk tongkol atau tidak, anda harus membuka klobotnya.

Busuk tongkol ear rot fusarium. Image source : pioneer.com

4. Penyakit bulai (corn downey mildew)

Penyakit bulai atau bule disebabkan oleh serangan jamur Peronosclerospora maydis. Bule (Downey mildew-nya jagung) dikenal sebagai momok yang begitu menakutkan. Ini Karena dampak bulai, petani terpaksa membongkar tanamannya sebelum panen.

Tanaman jagung rentan serangan bulai saat berumur antara 0-5 minggu. Biasanya jamur  Peronosclerospora maydis berkembang pesat saat peralihan musim yaitu dari musim hujan ke kemarau atau sebaliknya.

Tanaman cenderung aman dari bulai jika saat berumur lebih dari 5 minggu tanaman terlihat normal dan tentunya tidak berada di masa peralihan musim saat usianya kurang dari 5 minggu.

Bulai (corn downey mildew) Peronosclerospora maydis. Image source: jagungbisi.com

Serangan penyakit bulai akan menimbulkan gejala-gejala yang berbeda menurut umur tanaman, yaitu:

1.Umur 0-3 minggu, gejalanya yaitu semua daun tanaman menguning, meruncing dan kaku. Fase ini adalah fase yang paling rentan dan membahayakan bagi tanaman jagung. Karena jika tanaman terserang, maka tidak dapat diharapkan lagi karena tanaman akan mati.

2.Umur 3-5 minggu, gejalanya daun yang baru membuka menguning, pertumbuhan lambat, tongkol hanya berbiji sedikit dan terkadang tongkol yang terbentuk tidak normal. Walaupun tanaman tidak mati tapi tingkat kehilangan hasilnya menurun hingga 50%.

3.Umur >5 minggu (fase generatif), gejalanya daun mengalami klorosis. Tanaman yang terserang saat fase ini cenderung aman dan tidak membahayakan tapi dapat menurunkan hasil panen hingga 30%.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Penyakit Bulai (Bule), Sang Musuh Abadi Tanaman Jagung

Bagaimana sobat BT, kini anda sudah tau musuh utama tanaman jagung anda. Sudah siap tanam jagung kan? Siapa takut…! Hehe 😀

Semoga artikel tentang 4 Penyakit Utama pada Tanaman Jagung yang patut anda waspadai ini bisa bermanfaat bagi anda ya sobat BT.

Jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat dan teman anda yang lain. Sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat 🙂
BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For 4 Penyakit Utama pada Tanaman Jagung

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com