Menu

24 Manfaat Menakjubkan Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh Anda

26/08/2017 | Info Agribisnis
Share this :

Belajartani.com – Pare atau paria, adalah sayur buah yang masuk family Cucurbitaceae atau keluarga labu-labuan. Tanaman yang memiliki nama latin Momordica charantia ini dikenal memiliki rasa yang sangat pahit karena kandungan senyawa momordicin yang ada pada daging buahnya.

Lantaran rasa pahitnya tersebut sebagian besar orang (barangkali anda salah satunya..hehe) tidak suka dengan sayuran yang khas dengan lelehan lilinnya itu.

Meskipun rasanya sangat pahit, pare mengandung banyak antioksidan dan vitamin penting loh. Seperti jamu, walau rasanya pahit tapi mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Atau ibarat kehidupan walaupun kadang kenyataanya pahit justru membuat anda lebih kuat dan hebat, bukan? #ups ­čśÇ

Nah, pare yang di luar negeri dikenal sebagai Bittermelon, Bittergourd, Bittersquash serta Karela ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dibuat jus, di tumis, dibuat acar dan berbagai jenis resep masakan yang lainnya.

Dikutip dari laman www.stylecraze.com, inilah 24 manfaat sayur buah pare yang penting anda ketahui. Siapa tahu, setelah anda  membaca artikel ini, persepsi anda tentang buah ini berubah total. Dan, bisa jadi anda tertarik untuk mencoba mengkonsumsinya.

Jus pare segar. Image source : www.stylecraze.com

Nah, sobat BT inilah manfaat kesehatan dari sayur buah pare yang menakjubkan ini…..

1. Gangguan Pernapasan

Biji segar  dari buah pare adalah obat yang sangat baik untuk menyembuhkan masalah pernapasan seperti asma, flu, batuk dan lain-lain.  Juga, pasta dari daun pare, bersama dengan pasta dari daun tulsi, ketika dicampur dengan madu di pagi hari, adalah obat yang baik.

2. Penguat Hati (Liver)

Minum satu gelas jus pare setiap hari untuk menyembuhkan masalah hati. Tetaplah mengkonsumsi secara terus-menerus selama seminggu untuk melihat hasilnya.

3. Sistem Kekebalan

Rebus daun pare atau buahnya di dalam air dan konsumsi air rebusan tadi setiap hari untuk melawan infeksi. Hal ini juga membantu untuk membangun kekebalan anda.

4. Jerawat

Mengkonsumsi pare dapat membantu anda mengatasi masalah jerawat, noda dan infeksi kulit yang parah. Pare juga berguna mengobati gangguan darah seperti darah bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis, kurap dan penyakit jamur lainnya. Radikal bebas di dalamnya juga bermanfaat untuk anti-penuaan. Cobalah mengkonsumsi jus dari pare dicampur dengan lemon pada saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan atau sampai anda mendapatkan hasil yang nyata.

5. Diabetes

Jus pare juga bermanfaat membantu mengatasi diabetes tipe 2. Ini telah menjadi bagian dari pengobatan kuno Cina dan India dalam waktu yang lama tetapi penelitian terbaru telah membuktikan bahwa itu bukanlah sekedar dongeng.

Diabetes tipe 2 disebabkan sebagian karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah karena tidak cukup insulin atau karena perkembangan resistensi terhadap insulin. Dalam kedua kasus tersebut, sel-sel tidak mampu menyerap gula karena tidak efektifnya insulin yang dihasilkan.

Penyerapan gula terjadi karena aktivasi protein kinase AMP dalam sel. Senyawa momordicin mengaktifkan kinase ini karena yang penyerapan gula meningkat dan karenanya, diabetes dapat terkendali. Senyawa ini bekerja seperti insulin yang terbukti membantu mengurangi kadar gula darah.

6. Sembelit

Pare membantu mempermudah pencernaan karena mengandung sifat serat, sehingga menyembuhkan gangguan pencernaan dan masalah sembelit.

7. Ginjal Dan Kandung Kemih

Pare membantu untuk menjaga ginjal dan kandung kemih agar tetap sehat. Hal ini juga berguna dalam menyembuhkan batu ginjal.

8. Penyakit Jantung

Pare sangat baik untuk jantung dengan banyak cara. Antara lain membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri, sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Juga, diketahui untuk menurunkan kadar gula darah yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung yang baik.

9. Kanker

Pare bersifat anti radikal dan anti karsinogenik sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

10. Berat Badan

Pare mengandung antioksidan yang membantu untuk menyegarkan sistem anda. Pare memiliki kandungan kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi 80-85%. Hal ini meningkatkan metabolisme dan sistem pencernaan, sehingga membantu anda menurunkan berat badan dengan cepat.

11. Memberi Energi secara Alami

Konsumsilah jus pare secara teratur karena dapat meningkatkan stamina dan energi serta memperbaiki pola tidur.

12. Membersihkan Darah

Sifat antimikroba dan antioksidan dari pare ini membantu mengobati masalah kulit, kelainan darah, membersihkan darah dari racun, dan selanjutnya meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Ini membantu menyembuhkan masalah-masalah seperti gatal yang disebabkan oleh toksemia, ruam, jerawat, psoriasis, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Masker pare untuk kesehatan kulit. Image source : lists10.com

13. Mencegah Masalah Kulit

Mengkonsumsi pare secara teratur membantu dalam menjaga kulit anda bersinar dan bebas dari noda. Hal ini juga membantu mencegah jerawat berkat sifatnya yang mampu memurnikan darah.

14. Infeksi Kulit

Pare bermanfaat mengobati penyakit kulit atau infeksi kulit, eksim dan psoriasis (penyakit kulit kronis). Caranya dengan mengkonsumsi jus pare secara teratur membantu meringankan gejala psoriasis serta infeksi jamur lainnya seperti kurap dan kaki atlet.

15. Anti Aging (keriput)

Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Bekerja dengan memerangi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya, hal ini membantu untuk mencegah keriput serta memperlambat proses penuaan. Hal ini juga melindungi kulit anda dari kerusakan oleh sinar ultraviolet matahari.

16. Kualitas Penyembuhan

Pare membantu dalam mengendalikan aliran darah dan pembekuan, menyembuhkan lebih cepat, serta mencegah infeksi lebih lanjut.

Pare bermanfaat untuk mengatasi masalah pada rambut. Image source : birchbox.com

17. Rambut Berkilau

Agar rambut anda dapat berkilau alami, anda dapat mencampur secangkir jus pare segar dengan yoghurt dan oleskan pada rambut anda. Biarkan lalu cucilah setelah beberapa saat. Ini akan membuat rambut anda berkilau dan indah.

18. Ketombe

Ketombe adalah masalah umum dan sebagian besar disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat dan paparan polusi. Untuk mencegah ketombe, anda bisa menyiapkan paket rambut dengan mencampur pahit jus pare dan biji jintan. Aplikasi secara teratur dari campuran ini akan mengatasi masalah ketombe pada rambut anda dalam waktu satu bulan.

19. Rambut Bercabang

Jika anda bermasalah dengan rambut bercabang, coba oleskan jus pare mentah lalu sisirlah secara perlahan-lahan. Lakukan ini 2 kali seminggu untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

20. Kering dan Gatal Kulit Kepala

Untuk mengatasi kering dan gatal pada kulit kepala, anda bisa menggosok sepotong pare segarlalu pijatlah  kulit kepala anda dalam gerakan melingkar. Kemudian, bilas dengan air jernih.

Untuk mengatasi gatal, anda dapat menggunakan jus pare yang dicampur dengan alpukat atau pisang.  Lakukan ini setidaknya sekali seminggu sampai gatal kulit kepala anda hilang.

21. Rambut Rontok

Jus pare membantu mengurangi rambut rontok secara alami. Yang perlu alakukan adalah mencampur jus pare dengan sedikit gula dan menggunakan pasta ini pada rambut anda untuk mendapatkan hasil yang baik.

22. Rambut Kasar dan Kusut
Jika anda memiliki masalah rambut kasar dan kusut, anda bisa menuangkan secangkir jus pare pada rambut anda selama 10 sampai 15 menit. Lalu bilas rambut anda. Hal ini akan membantu memperlancar tekstur rambut anda dan membuatnya lembut dan mengkilap.

23. Rambut Uban

Pare juga dapat mengobati rambut beruban sebelum saatnya. Oleskan jus pare pada setiap helai rambut uban anda. Lakukan ini 10 hari sekali dan ini akan mengurangi pertumbuhan rambut uban anda.

24. Rambut Berminyak

Peningkatan asupan makanan berminyak dapat menyebabkan akumulasi minyak berlebih di rambut anda. Jika anda memiliki rambut berminyak, anda harus membatasi konsumsi makanan berminyak. Anda dapat mengaplikasikan campuran jus pare dan cuka sari apel untuk menghilangkan kelebihan minyak dari rambut anda.

Perhatian Penggunaan..!

Meskipun menjadi minuman yang sangat sehat, jus pare sebaiknya hanya dikonsumsi dalam jumlah kecil setiap hari. Sebagai minuman jus pare bisa menyebabkan mual dan perut nyeri jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Wanita hamil harus menghindari minum terlalu banyak jus pare karena memiliki sifat yang dapat merangsang rahim dan dengan demikian menyebabkan nyeri persalinan secara dini.

Pare diyakini menjadi obat yang ideal bagi penyakit diabetes, Namun, harus dikonsumsi sesuai saran  dan pengarahan dari dokter terutama pasien diabetes yang menjalani pengobatan yang mengandung obat hipoglikemik.

Nilai Gizi Pare

Banyak manfaat kesehatan, kulit dan rambut dari pare ini dapat dikaitkan dengan nilai gizi yang terkandung didalamnya. Pare memiliki berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, besi, tembaga dan fosfor.

  • Kalori: Kandungan kalori pare cukup rendah kalori dengan 100 gram sajian hanya mengandung 17 kalori.
  • Vitamin C: Pare merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dengan 100 gram biji mentah mengandung 84 mg vitamin ini, yang setara dengan 140% dari Recommended Daily Intake (RDI).
  • Folat: Biji segar adalah sumber yang baik folat. 100 gram biji segar mengandung 72 ug folat yang setara dengan 18% dari RDI.
  • Vitamin B: Merupakan sumber yang baik vitamin B seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau Vitamin B5 dan piridoksin atau Vitamin B6.

Beberapa Tips Penting..!

  1. Selalu cuci pare dengan air yang mengalir.
  2. Gunakan pare segar untuk hasil terbaik.
  3. Selalu pilih pare yang segar, cerah, dan bewarna hijau.
  4. Jangan mengkonsumsi lebih dari 2 buah pare dalam sehari.
  5. Daun pare harus disimpan di tempat sejuk, kering, dan gelap. Dalam kulkas akan tetap segar hingga seminggu.
  6. Celuplah dengan garam untuk mengurangi kepahitan.
  7. Wanita hamil harus berhati-hati saat mengkonsumsi sayuran ini. Komponen pencahar (pencuci perut) dapat menyebabkan kontraksi tiba-tiba, perdarahan vagina dan keguguran. Berkonsultasilah dengan dokter anda…!

Nah, itulah 24 manfaat menakjubkan pare untuk kesehatan. Tentu agar bisa mendapatkan manfaatnya yang luar biasa, anda tak ragu lagi untuk mengkonsumsi pare secara rutin, bukan? Semoga bermanfaat….sekian dan terimakasih ^^

Salam hangat ­čÖé

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...

Related For 24 Manfaat Menakjubkan Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tambahkan sebagai Teman

Arsip BelajarTani.com

Follow BelajarTani.com